7 Menu Lebaran 2023 Khas Minang untuk Sajian Hidangan Idul Fitri, Enak dan Mantap

×

7 Menu Lebaran 2023 Khas Minang untuk Sajian Hidangan Idul Fitri, Enak dan Mantap

Bagikan berita
Ilustrasi Menu Lebaran 2023 (Ilustrator Ryan Ramadi/Halonusa)
Ilustrasi Menu Lebaran 2023 (Ilustrator Ryan Ramadi/Halonusa)

Kue ini rasanya manis, kenyal di mulut dan membuat siapa saja ketagihan. Apalagi jika dimakan ketika hangat. Harganya pun relatif murah, hanya Rp2 ribu saja. Namun jika ingin membuat sendiri juga bisa, seperti campuran bahan adonan di atas.

4. Ayam Pop

[caption id="attachment_41809" align="alignnone" width="804"]Ayam Pop Ayam Pop khas Minang yang berasal dari Bukittinggi. (Foto: Youtube Simple Rudy)[/caption]

Cara membuat Ayam Pop khas Bukittinggi ini adalah dengan menyiapkan bahan Ayam potong, Air kelapa 800 ml, Daun salam 4 lembar, Daun jeruk 4 lembar, Geprek sereh 2 batang dan Geprek lengkuas 2 ruas serta Geprek jahe 2 ruas.

Selanjutnya campurkan bumbu ungkep Bawang merah 12 butir, Bawang putih 8 siung, Kemiri jenis sangrai 6 butir, Garam 2 sdt hingga Kaldu bubuk 2 sdt. Berikut langkah dan tahapan pembuatannya di bawah ini:

  • Cuci bersih ayam yang sudah disiapkan dan campurkan dengan bumbu ungkep
  • Masukkan serai dan garam hingga air kelapa
  • Rebus 30 menit dan diamkan pada waktu yang sama juga
  • Goreng selama 2 menit saja dengan dibolak-balik lebih sering
  • Hidangkan bersama sambal dan nasi hangat.

Sementara untuk sambalnya dapat dibuat dengan merebus 15 cabai keriting merah, 5 butir bawang merah dan 1 tomat. Haluskan dengan blender dan tumis hingga berminyak lalu beri garam, gula dan kaldu bubuk sesuai selera. Terakhir, sajikan bersama ayam pop.

5. Rendang

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini