5 Daerah Termiskin di Sumatera Barat, Apakah Daerahmu Termasuk?

×

5 Daerah Termiskin di Sumatera Barat, Apakah Daerahmu Termasuk?

Bagikan berita
Daerah termiskin di Provinsi Sumatera Barat. (Foto; Creative Hamdi)
Daerah termiskin di Provinsi Sumatera Barat. (Foto; Creative Hamdi)

HALONUSA - Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dikenal dengan sumber daya alam yang melimpah ruah. Pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut ditopang oleh sejumlah komponen penting seperti kelautan, pertanian, perkebunan, hingga pertambangan di sisi lain.

Sumbar juga dikenal dengan destinasi wisata yang populer hingga ke mancanegara. Hal ini juga menjadi salah satu sumber ekonomi di Sumatera Barat.

Namun, di tengah kekayaan alam yang melimpah dan destinasi wisata yang banyak dikunjungi, sejumlah kabupaten di Sumatera Barat ternyata masih memiliki soal terkait kemiskinan.

Berikut sejumlah Kabupaten Sumatera Barat yang dikategorikan sebagai Kabupaten termiskin dan membutuhkan penanganan ekonomi yang serius dilansir dari Youtube Creative Hamdi.

5 Daerah Termiskin di Sumatera Barat

1. Kabupaten Sijunjung

Kabupaten Sijunjung
Kabupaten Sijunjung

Kabupaten Sijunjung menjadi salah satu kabupaten termiskin di provinsi Sumatera Barat. Padahal, daerah ini memiliki sumber daya alam yang luar biasa.

Salah satu sentral utama perekonomian kabupaten Sijunjung adalah perkebunan. Beberapa komoditi yang ditangani antara lain adalah karet, kelapa sawit, cokelat, manggis, dan kopi.

Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, angka kemiskinan Kabupaten ini mencapai 16,28% pada masa pandemi di tahun 2012 hingga 2021.

Kabupaten Sijunjung juga mengalami peningkatan stunting sekitar 7%. Selain itu, jika dibandingkan dengan tahun 2020 ke 2021, angka kemiskinan di wilayah ini juga meningkat 0,2%.

Pada tahun 2019, angka kemiskinan mencapai 16,65%, sementara di tahun 2020 mencapai 16,28%, dan di tahun 2021 mencapai 16,28%.

2. Kabupaten Pesisir Selatan

Kantor DPRD Pesisir Selatan. (Foto: Istimewa)
Kantor DPRD Pesisir Selatan. (Foto: Istimewa)

Posisi kedua daerah termiskin di Sumatera Barat ditempati oleh kabupaten Pesisir Selatan. Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS), persentasi kemiskinan Kabupaten Pesisir Selatan mencapai 7,11%.

Editor : Heru C
Sumber : Youtube Creative Hamdi
Bagikan

Berita Terkait
Terkini