7 Fakta Danau Maninjau di Agam, Legenda Bujang Sembilan hingga Gunung Tinjau

×

7 Fakta Danau Maninjau di Agam, Legenda Bujang Sembilan hingga Gunung Tinjau

Bagikan berita
Fakta menarik Danau Maninjau, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. (Foto: Creative Hamdi)
Fakta menarik Danau Maninjau, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. (Foto: Creative Hamdi)

HALONUSA - Sumatera Barat tidak hanya terkenal dengan kuliner khasnya, tetapi juga dengan destinasi wisatanya yang memukau.

Salah satu tempat wisata yang ikonik adalah Danau Maninjau, sebuah danau yang menawarkan panorama alam yang luar biasa indah.

Dengan suasana yang masih asri dan hamparan hijau yang luas, Danau Maninjau adalah tempat yang sempurna untuk menikmati keindahan alam yang belum terjamah.

Di artikel kali ini, Halonusa akan membahas beberapa fakta menarik tentang Danau Maninjau yang dilansir dari kanal Youtube Creative Hamdi.

7 Fakta Menarik tentang Danau Maninjau

1. Asal Usul Geologis

Danau Maninjau terbentuk dari letusan Gunung Tinjau sekitar 52.000 tahun yang lalu, mirip dengan Danau Toba di Sumatera Utara dan Danau Batur di Bali.

Kaldera yang terbentuk kemudian berkembang menjadi danau.

2. Legenda Bujang Sembilan

Terdapat legenda yang diceritakan turun-temurun tentang asal usul Danau Maninjau, yang dikenal sebagai legenda Bujang Sembilan.

Bujang Sembilan adalah sembilan bersaudara lelaki yang tinggal di kaki Gunung Tinjau, dipimpin oleh Kukuban, bersama dengan adik perempuan mereka, Siti Rasani.

Mereka memiliki hubungan keluarga dengan Datuk Limbatang, pemimpin kampung, yang juga pamannya.

Datuk Limbatang sering mengajarkan mereka bertani dan memahami adat. Seiring berjalannya waktu, Giran, keponakan Datuk Limbatang, jatuh cinta dengan Siti Rasani dan berencana menikahinya.

Editor : Heru C
Sumber : Youtube Creative Hamdi
Bagikan

Berita Terkait
Terkini