7 Menu Lebaran 2023 Khas Minang untuk Sajian Hidangan Idul Fitri, Enak dan Mantap

×

7 Menu Lebaran 2023 Khas Minang untuk Sajian Hidangan Idul Fitri, Enak dan Mantap

Bagikan berita
Ilustrasi Menu Lebaran 2023 (Ilustrator Ryan Ramadi/Halonusa)
Ilustrasi Menu Lebaran 2023 (Ilustrator Ryan Ramadi/Halonusa)

2. Dadiah

[caption id="attachment_42719" align="aligncenter" width="600"]Ilustrasi Ampiang Dadiah Ilustrasi Ampiang Dadiah. (Foto: Shutterstock)[/caption]

Dadiah adalah susu kerbau yang sudah difermentasi seperti layaknya yoghurt, biasanya disajikan dengan ampiang yang terbuat dari beras ketan dan ditumbuk tipis-tipis. Ampiang dadiah merupakan salah satu makanan khas dari Sumbar.

Proses pembuatan dadiah yakni, susu kerbau segar dimasukkan ke dalam bambu yang telah dipotong-potong kemudian ditutup dengan daun pisang. Setelah itu dadiah dibiarkan kurang lebih 2 hari 2 malam. Susu kerbau akan berubah seperti agar-agar.

Setelah jadi dadiah, baru bisa dibikin ampiang dadiah. Ampiang dadiah akan semakin enak dimakan dengan tambahan es serut dan gula aren cair. Bagi masyarakat Minangkabau, ampiang dadiah dipercaya punya banyak manfaat dalam tubuh.

Beberapa di antaranya adalah bisa meningkatkan imunitas tubuh, menambah stamina, serta dapat juga menurunkan kadar kolesterol. Ampiang dadiah ini yang enak dapat ditemukan di Kota Bukittinggi, Pasar Atas. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner satu ini.

3. Kue Mangkuak Sayak

[caption id="attachment_47316" align="aligncenter" width="756"]Kue Mangkuak Sayak, Makanan Khas Kota Padang Kue Mangkuak Sayak, Makanan Khas Kota Padang[/caption]

Makanan yang satu ini merupakan makanan khas dari daerah Koto Tangah, Kota Padang yang biasanya dibuat dengan cetakan batok kelapa. Bahkan, cara membuat Kue Mangkuak Sayak ini tidak lah sulit.

Karena bahan adonannya pun tidak begitu banyak. Hanya santan kelapa, tepung beras, gula pasir dan gula merah serta sayak (tempurung kelapa) sebagai wadah memasaknya yang kemudian dihidangkan dengan menggunakan tempurung kelapa.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini