7 Menu Lebaran 2023 Khas Minang untuk Sajian Hidangan Idul Fitri, Enak dan Mantap

×

7 Menu Lebaran 2023 Khas Minang untuk Sajian Hidangan Idul Fitri, Enak dan Mantap

Bagikan berita
Ilustrasi Menu Lebaran 2023 (Ilustrator Ryan Ramadi/Halonusa)
Ilustrasi Menu Lebaran 2023 (Ilustrator Ryan Ramadi/Halonusa)

[caption id="attachment_42529" align="aligncenter" width="766"]Rendang di Restoran Selamat, Kota Padang. (Foto: Youtube Herlina Basri) Rendang di Restoran Selamat, Kota Padang. (Foto: Youtube Herlina Basri)[/caption]

Menu favorit lainnya yaitu Rendang, bagaimana tidak, daging lembutnya akan memanjakan lidahmu. Apalagi jika membelinya di restoran Selamat yang beralamat di Jalan Pasar Raya No.7, Kampung Jao, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumbar.

Hidangan tersebut bahkan bisa menghabiskan 100Kg rendang dalam waktu 2 jam saja, apalagi kepopulerannya juga merancah ke kancah Internasional. Semua orang yang kenal Rendang, pasti tahu ini adalah hidangan khas Indonesia.

Rendang merupakan salah satu sajian kuliner khas Sumatera Barat (Sumbar) yang berisian daging, berbalut bumbu rempah kecoklatan. Bumbu rendang sendiri diracik dengan banyak bahan seperti santan, beragam jenis rempah yang disatukan dan diaduk dalam wajan besar selama beberapa jam.

6. Lamang

[caption id="attachment_30537" align="alignnone" width="1200"]Ramadan 1443 Hijriah atau 2022 masehi, lamang menjadi kuliner incaran. Lamang bisa sebagai buah tangan manjalang mintuo) [Kariadil Harefa] Ramadan 1443 Hijriah atau 2022 masehi, lamang menjadi kuliner incaran. Sebab, selain menu saat berbuka puasa, lamang bisa sebagai buah tangan untuk mengunjungi rumah orang tua maupun saat bertandang ke rumah mertua (manjalang mintuo). [Kariadil Harefa][/caption]Lamang ini sendiri adalah makanan yang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan santan dan bumbu lainnya dan dimasak menggunakan bambu yang agak besar.

Biasanya, lamang akan disuguhkan kepada tamu yang datang ke rumah untuk bersilaturahmi sebelum masuknya bulan suci Ramadhan. Namun ternyata, juga dilakukan pada hari lainnya.

Seperti menjelang Lebaran Idul Fitri, karena saat itu akan sangat ramai sanak saudara yang berkunjung dan Lamang akan disuguhkan sebagai salah satu makanan dengan beberapa variasi, seperti lamang hitam dan lamang kundua.

Malamang adalah kegiatan membuat Lamang yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau dan pembuatannya sudah dilakukan selama turun temurun oleh setiap daerah di Sumbar, khususnya Pariaman dan dimaksudkan untuk mempererat dan mempererat tali silaturahim karena pembuatannya harus dilakukan oleh banyak orang.

Cara dan tips Malamang baca pada tulisan bercetak MERAH INI 

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini