10 Tempat Wisata di Kabupaten Tanah Datar yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Lebara Idul Fitri 1443 H

×

10 Tempat Wisata di Kabupaten Tanah Datar yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Lebara Idul Fitri 1443 H

Bagikan berita
Tempat wisata Air Terjun Lembah Anai
Tempat wisata Air Terjun Lembah Anai

Di sini, Anda akan menikmati suasana almi air terjun dengan pemandangan hutan yang rimbun. Air terjun mengalir jernih membentuk warna-warni indah saat disinari oleh matahari.

Lokasi: Singgalang, Kec. Sepuluh Koto, Kab. Tanah Datar.

8. Desa Pariangan

Desa kuno, Pariangan merupakan salah satu tempat yang disebut sebagai salah satu desa paling indah di dunia. Penilaian ini pantas didapat dengan keasrian yang dimiliki desa Pariangan. Warisan leluhur dan budaya Sumatera Barat juga masih terjaga apik di lokasi ini.

Desa Pariangan atau biasa disebut Nagari Pariangan adalah desa kuno yang menjadi cikal bakal sistem pemerintahan khas Minangkabau dengan nama Nagari. Di desa ini Anda dapat menemukan bagunan rumah gadang dengan dinding ukiran kayu dan anyaman rotan. Anda juga dapat menemukan masjid Ishlah berusia ratusan tahun dengan gaya arsitektur ala dataran tinggi Tibet.

Lokasi: Pariangan, Kec. Pariangan, Kab. Tanah Datar.

9. Rumah Gadang Kampai Nan Panjang

Rumah Gadang Kampai Nan Panjang merupakan bangunan bersejarah di Nagari Belimbing yang didirikan oleh Datuk Penghulu Basa sekitar 300 tahun lalu. Rumah ini memiliki gaya arsitektur khas Minang dengan bagian luar menggunakan kayu berwarna hitam. Atap bangunan bergonjong empat dari ijuk. Hingga saat ini konstruksi bangunan tidak mengalami perubahan, masih berdiri kokoh dan indah.

Salah satu keunikan dan spesialnya tempat ini sehingga menjadi objek wisata dan cagar budaya adalah pembangunannya yang tanpa paku. Semua menggunakan sistem ikat dan pasak, struktur yang membuat bangunan kokoh dan tahan gempa.

Lokasi: Belimbing, Kec. Rambatan, Kab. Tanah Datar.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini