Apa Itu Malam Nuzul Qur'an? Berikut Penjelasan Serta Keutamannya

×

Apa Itu Malam Nuzul Qur'an? Berikut Penjelasan Serta Keutamannya

Bagikan berita
Ilustrasi | Tasbih dan Quran
Ilustrasi | Tasbih dan Quran

4. Malam Keselamatan dan Kesejahteraan

Malam Nuzululquran juga disebut dengan malam yang penuh keselamatan. Firman Allah SWT, artinya; “Untuk mengatur segala urusan. (Al-Qadar [97]:4).

Mujahid mengatakan selamatlah malam kemuliaan itu dari semua urusan. Sa'id ibnu Mansur mengatakan, telah menceritakan kepada kami Isa ibnu Yunus, telah menceritakan kepada kami Al-A'masy.

Dari Mujahid hubungannya dengan makna firman-Nya: “Malam itu (penuh) kesejahteraan” (Al-Qadar [97]:5). Bahwa malam itu penuh keselamatan, setan tidak mampu melakukan keburukan padanya atau melakukan gangguan padanya.

5. Malam Takdir dari Semua Urusan

Keutamaan yang kelima yakni malam yang ditunggunya semua urusan mulai ajal hingga rezeki. Firman Allah SWT: “Pada malam itu diselesaikan segala urusan yang penuh hikmah” (Ad-Dukhan [44]:4).

Qatadah dan yang lainnya mengatakan bahwa makna yang dimaksud ialah: “semua urusan ditetapkan di dalamnya dan semua acara serta rezeki yang diinginkan”.

6. Malam Salam Malaikat kepada Ahli Masjid

Fiman Allah SWT. ”Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar” (Al-Qadar [97]:5). Sa'id ibnu Mansur mengatakan telah menceritakan kepada kami Hisyam, dari Abu Ishaq, dari Asy-Sya'bi.

Yaitu terkait dengan makna firman-Nya: “untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar” (Al-Qadar [97]:4-5).

Makna yang dimaksud ialah salamnya para malaikat di malam Lailatulqadar. Yakni kepada orang-orang yang ada di dalam masjid sampai fajar terbit.

7. Diampuni Segala Dosa

Orang yang menyalakan malam Nuzululquran akan mendapatkan ampunan dosa dari Allah SWT. Bahkan hingga diibaratkan seperti bayi yang baru saja lahir ke dunia.

Itulah pembahasan tentang Malam Nuzul Qur'an yang harus kamu ketahui sebagai ummat Islam yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan pada tahun 2023 ini. Semoga artikel ini bermanfaat. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini