Apa Itu Malam Nuzul Qur'an? Berikut Penjelasan Serta Keutamannya

×

Apa Itu Malam Nuzul Qur'an? Berikut Penjelasan Serta Keutamannya

Bagikan berita
Ilustrasi | Tasbih dan Quran
Ilustrasi | Tasbih dan Quran

Al Qur'an pertama kali turun di Gua Hira pada 17 Ramadan. Maka dari itu peringatan Nuzulul Quran selalu dilaksanakan tanggal 17 bulan Ramadan oleh umat muslim.

Malam Nuzul Quran ini juga memiliki beberapa keutamaan yang tentunya dinyatakan di dalam Al-Qur'an itu sendiri maupun dari Hadist-hadist dari Nabi Muhammad SAW.

Berikut keutamaan dari Malam Nuzul Qur'an yang harus kamu ketahui sebagai Ummat Islam yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan pada tahun 2023 ini.

Keutamaan Malam Nuzul Quran

1. Malam yang lebih baik dari seribu bulan

Malam seribu bintang imbalan pahalanya dengan melakukan ibadah selama seribu bulan. Hal ini telah disebutkan di dalam kitab sahihin melalui Abu Hurairah.

Bahwa Rasulullah SAW telah melewatkan: ”Barang siapa yang melakukan qiyam (salat sunat) di malam seribu bintang. Karena iman dan mengharapkan pahala dan rida Allah, maka diampunilah memberikan semua dosanya yang terdahulu”.

2. Malam diturunkannya Alquran

Malam seribu bintang juga sering disebut Lailatulqadar. Allah SWT berfirman, mengagungkan kedudukan Lailatulqadar yang dikhususkan Allah sebagai malam diturunkan-Nya Alquran di dalamnya.

"Dan tahukah kamu apakah malam itu mulia? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan”. (Al-Qadar: 2-3).

3. Malam penuh kemuliaan

Malaikat Jibril bersama para malaikat turun ke bumi pada malam yang penuh kemuliaan bersamaan turunnya Alquran. Para malaikat yang dipimpin Malaikat Jibril alaihisalam turun ke bumi.

Allah SWT berfirman: “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan” (Al-Qadar [97]:4). Yakni banyak bidadari yang turun di malam kemuliaan ini karena berkahnya yang banyak.

Para malaikat turun bersamaan dengan turunnya berkah dan rahmat, sebagaimana mereka pun turun ketika Alquran dibacakan. Mengelilingi halqah-halqah zikir serta meletakkan sayap mereka menaungi orang yang menuntut ilmu dengan benar karena melindunginya.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini