Profil dan Biodata Syafrianto Rusli, Mantan Pelatih Semen Padang FC yang Meninggal Dunia

×

Profil dan Biodata Syafrianto Rusli, Mantan Pelatih Semen Padang FC yang Meninggal Dunia

Bagikan berita
Profil dan Biodata Syafrianto Rusli
Profil dan Biodata Syafrianto Rusli

Ia pernah melatih beberapa klub sepak bola seperti Semen Padang FC, PSPS Pekanbaru, PSP Padang, dan klub lainnya.

Sebagai pemain sepak bola, Syafrianto merupakan pemain gelandang Semen Padang FC pada masa kejayaan klub itu pada era Galatama.

Ia pernah menyandang ban kapten di klub yang berbasis di Bukit Indarung itu.

Bersama Nil Maizar, Wellyansyah, Delfi Adri, dan pemain lainnya, ia ikut mengantarkan Semen Padang FC menjuarai Piala Galatama setelah mengalahkan Arema Malang di partai final yang diadakan di Surabaya pada 27 Juli 1992.

Dengan kemenangan itu Semen Padang FC kemudian mewakili Indonesia pada Piala Winners Asia dan sempat melaju hingga babak ke-2.

Pada pertengahan tahun 2000-an, Syafrianto dipercaya melatih Semen Padang FC. Namun pada Mei 2006, pihak manajemen kemudian memutus kontraknya karena kegagalannya mengantarkan Semen Padang ke babak delapan besar Liga Indonesia.

Ia kemudian melatih di tim PSPS Pekanbaru dan ikut mengantarkan tim tersebut berlaga pada kasta yang lebih tinggi pada musim kompetisi berikutnya.

Pada tahun 2012, dalam ajang PON XVIII Riau, Syafrianto bersama Yasman Yanusar sebagai manajer, berhasil membawa Tim Futsal PON Sumbar menjadi tim yang tak terkalahkan lalu menjuarai cabang olahraga futsal dan meraih medali emas setelah di final mengalahkan tim favorit juara DKI Jakarta dengan skor 6-2.

Pada Maret 2014, Syafrianto ditunjuk sebagai pelatih PSP Padang yang berambisi kembali bermain di kompetisi tertinggi PSSI.

Pada tahun 2018, dalam keterpurukkannya, Semen Padang FC kembali memanggil Syafrianto untuk melatih tim Kabau Sirah hingga tahun 2019. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini