Khutbah Jumat 7 April 2023: Ceramah Agama Tentang Keutamaan Penghafal Alquran

×

Khutbah Jumat 7 April 2023: Ceramah Agama Tentang Keutamaan Penghafal Alquran

Bagikan berita
Ilustrasi Khotbah Jumat. (Ilustrator: Ryan Ramadi/Halonusa)
Ilustrasi Khotbah Jumat. (Ilustrator: Ryan Ramadi/Halonusa)

HALONUSA.COM - Berikut rekomendasi ceramah untuk dibacakan pada khutbah Jumat, 7 April 2023 tentang keutamaan para penghafal alquran pada artikel ini.

Seperti yang diketahui, bahwa banyak syafaat untuk didapatkan bagi hafiz dan hafizah tersebut, meskipun banyak pendapat yang menyebut bahwa Alquran sulit dihafal.

Padahal pelafalannya sudah cukup dimudahkan dengan menggunakan huruf berharakat dan pemakaian kalimat yang sama, supaya gampang dipahami. Seperti firman Allah SWT QS Al-Qamar.

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْاٰنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُّدَّكِرٍ (QS Al-Qamar: 17) yang artinya "Dan sungguh, telah Kami mudahkan Al-Qur'an untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?" begitu pula dengan QS Al-Qamar: 22, 32 dan 40) yang bermakna sama.

Berikut keutamaan para penghafal alquran yang bisa dirasakan di akhirat nanti, dimana ceramah agamanya dapat kamu jadikan sebagai referensi khutbah jumat pada 7 April 2023 berdasarkan rangkuman Halonusa.

Keutamaan Penghafal Alquran

1. Bagi orangtuanya

[caption id="attachment_16840" align="aligncenter" width="750"]Roehana-Koeddoes-Rohana-Kudus-Ruhana-Kudus-Hari-Pahlawan-Nasional-Presiden-Jokowi-Minangkabau-Wartawan-Perempuan-Perjuangan-Perempuan-Wartawan-Indonesia-Belanda- Pendiri Rohana School menghadap sang Khalik pada usia ke-88, 17 Agustus 1972 dan keluarga memakamkan Pahlawan Nasional perempuan Indonesia di tempat pemakaman umum (TPU) Karet, Jakarta.[/caption]

Jika seorang anak mendapatkan pengajaran sedari dini, sehingga dapat menyelesaikan hafalan alquran, maka orangtuanya akan diberi syafaat oleh Allah SWT sebagai balasan bahwa telah mendidik anak dengan baik.

Kelak, di akhirat nanti, orangtua si penghafal Alquran akan menerima mahkota dari cahaya seperti matahai dan juga diberikan jubah kebesaran yang tidak pernah ada sekalipun di dunia hingga berpotensi selamat dari neraka.

2. Bagi si penghafal

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini