Kenapa Kurma Baik Dikonsumsi saat Berpuasa? Begini Penjelasannya

×

Kenapa Kurma Baik Dikonsumsi saat Berpuasa? Begini Penjelasannya

Bagikan berita
Ilustrasi Kurma (foto: Halodoc)
Ilustrasi Kurma (foto: Halodoc)

HALONUSA.COM - Kurma adalah buah yang disarankan untuk dikonsusi saat menjalankan ibadah puasa, terlebih saat melaksanakan ibadah pusa Ramadhan 2023 ini.

Alasan kenapa kurma disarankan untuk dikonsumsi sangat banyak, terutama karena kurma memiliki rasa yang manis alami dan bukan dari pemanis buatan.

Dalam sebuah literatur dinyatakan bahwa setiap 100 gram kurma medjool mengandung 7 gram serat, 2 gram protein, 277 kalori, dan 75 gram karbohidrat. Masih ada sejumlah kandungan nutrisi dalam kurma, seperti kalium, magnesium, zat besi, dan vitamin B6.

Berikut manfaat dan kegunaan kurma yang harus diketahui sebelum mengonsumsinya saat menjalankan ibadah puasa.

1. Pemanis alami

Kurma merupakan sumber fruktosa atau jenis gula alami yang terdapat dalam buah, sehingga tak heran jika rasanya sangat manis. Hal itu membuat kurma sering kali dijadikan pengganti gula putih karena kaya nutrisi dan memiliki tingkat manis yang serupa dengan gula.

Takaran gula putih dan kurma sebagai pemanis imbang. Sehingga masyarakat dapat mengganti resep satu sendok makan gula dengan satu sendok makan kurma.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Serat tinggi dalam kurma membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan mencegah datanganya sembelit. Kandungan serat juga bermanfaat untuk mengontrol gula darah.

Serat dapat memperlambat pencernaan dan mencegah kadar gula darah melonjak. Karena rendahnya indeks glikemik yang dimiliki.

3. Menangkal berbagai penyakit

Antioksidan berperan melindungi tubuh dari radikal bebas. Kurma dengan kandungan antioksidan tinggi akan membantu menangkal berbagai penyakit.

Misalnya, flavonoid yang dapat membantu mengurangi peradangan dan risiko diabetes serta jenis kanker tertentu. Karotenoid dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko gangguan terkait mata.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini