Contoh Materi Khutbah Jumat 17 Maret 2023 tentang Persiapan Amal Ibadah Ramadhan

×

Contoh Materi Khutbah Jumat 17 Maret 2023 tentang Persiapan Amal Ibadah Ramadhan

Bagikan berita
Ilustrasi Khotbah Jumat. (Ilustrator: Ryan Ramadi/Halonusa)
Ilustrasi Khotbah Jumat. (Ilustrator: Ryan Ramadi/Halonusa)

Kemudian menjaga amal sholeh, contohnya bersedekah, menolong orang lain, berpuasa, dan lain sebagainya. Kita juga harus terus memperbaiki diri kita dan meningkatkan kualitas amal sholeh kita.

Berikutnya, membiasakan diri dengan kematian. Kita harus menyadari bahwa kematian adalah suatu hal yang pasti terjadi pada kita. Dengan menyadari hal tersebut, kita akan lebih mudah untuk mempersiapkan diri kita menghadapi kematian.

Persiapan Amal Ibadah Ramadhan hadapi 5 alam manusia lain setelah kematian

Penting untuk dicatat bahwa manusia memiliki 8 tahap kehidupan, dan jenis alam yang berbeda dan arti yang berbeda pula. Pertama adalah alam ruh, dimana manusia membuat perjanjian dengan Allah SWT tentang kemampuannya untuk hidup.

Kedua, alam rahim. Saat itu, manusia telah melihat gambaran kehidupan kedepan. Jika setuju, ia akan terlahir di alam ketiga yang kita sebut dunia dan bertempat di bumi yang ditinggali sekarang. Manusia sudah melewati 3 alam, sisa 5 alam lagi.

Masuk ke lima alam lainnya, kehidupan di bumi ini menentukan apa yang akan terjadi di masa depan. Semua tindakan di dunia dihitung setelah kematian, jadi gunakan Ramadhan 2022 untuk menjadikan dirimu lebih baik dari sebelumnya.

Keempat, Alam Barzah atau makam yang akan menjadi siksaan pertama umat manusia oleh Malaikat Allah SWT. Mereka yang beruntung adalah mereka yang selalu sholat 5 waktu karena memiliki salah satu fadhila dan keutamaan meskipun kuburannya lebih luas.

Fadhilah karena sempitnya makam, shalat kedua tidak akan memendek dan membengkokkan tulang. Tapi jika tidak sholat, akan mengalami banyak siksaan, apalagi jika ditambah dosa-dosa lainnya.

Jika kamu meninggal pada tahun 2022, tetapi akhir dunia terjadi pada tahun 3022, siksa kubur akan berlangsung selama 1000 tahun.

Kelima, Yaumul Mahsyar sebagai tempat berkumpulnya manusia setelah kematian. Beruntung bagi mereka yang selalu melaksanakan salat Dharawi, khususnya pada hari ke-12, akan memperoleh keutamaan berupa wajah bersinar bak rembulan di malam bulan purnama.

Dalam keadaan ini dia akan datang pada Hari Kiamat, memancarkan aura kebaikan sesuai dengan ibadah yang dia lakukan semasa hidupnya.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini