8 Fakta Menarik Sumatera Barat di Mata Dunia, Ada yang Terindah dan Tertua

×

8 Fakta Menarik Sumatera Barat di Mata Dunia, Ada yang Terindah dan Tertua

Bagikan berita
Rumah Gadang Minangkabau, Sumatera Barat. (Foto: Pesona Indonesia)|
Rumah Gadang Minangkabau, Sumatera Barat. (Foto: Pesona Indonesia)|

Tahap selanjutnya dilakukan saat usia 18-19 tahun dengan rajahan pada bagian paha. Tahap ketiga dapat dilakukan pada usia dewasa dan pada bagian tubuh lain.

6. Mesin Jam Gadang Bukittinggi Cuma Ada 2 di Dunia

[caption id="attachment_3442" align="alignnone" width="638"]Halonusa, Kota Bukittinggi, Covid-19, Sumbar, Sumatera Barat, Jam Gadang, Lokasi Wisata Tutup Suasana malam di lokasi wisata Jam Gadang, Kota Bukittinggi. (Foto: Kariadil Harefa/Halonusa)[/caption]

Di dalam menara Jam Gadang terdapat empat jam berukuran besar dengan diameter mencapai 80 sentimeter.

Konon, jam-jam raksasa ini didatangkan langsung dari Rotterdam, Belanda melalui Pelabuhan Teluk Bayur.

Mesin yang menggerakkan keempat jam ini hanya ada dua di dunia, satu di antaranya terdapat di Big Ben yang menjadi ikon Kota London.

Mesin dan jam tersebut terletak pada satu tingkat di bawah tingkat menara paling atas. Di bagian lonceng, terdapat keterangan pabrik pembuat jam, yaitu Vortmann Relinghausen.

Pembuat jam ini bernama Benhard Vortmann, sedangkan Relinghausen adalah nama kota di Jerman. Mesin untuk Jam Gadang ini diproduksi pada tahun 1892.

7. Bunga Rafflesia Terbesar di Dunia

[caption id="attachment_27533" align="alignnone" width="1200"]Bunga Rafflesia Arnoldii. (Foto: Ade Yuandha/Halonusa) Bunga Rafflesia Arnoldii. (Foto: Ade Yuandha/Halonusa)[/caption]

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini