Mana yang Terbaik Unand atau UNP? Calon Mahasiswa Mari Merapat!

×

Mana yang Terbaik Unand atau UNP? Calon Mahasiswa Mari Merapat!

Bagikan berita
Foto: Youtube Creative Hamdi
Foto: Youtube Creative Hamdi

HALONUSA - Sumatera Barat tidak kalah dalam hal kualitas pendidikan dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Tak heran jika banyak calon mahasiswa dari berbagai daerah, baik dalam maupun luar Sumatera Barat, yang ingin melanjutkan pendidikan di provinsi ini.

Terdapat beberapa kampus negeri dan swasta di Sumatera Barat yang telah terakreditasi unggul.

Di antara kampus-kampus tersebut, Universitas Andalas (Unand) dan Universitas Negeri Padang (UNP) adalah dua perguruan tinggi terbaik di Sumatera Barat, bahkan di Indonesia.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang kedua kampus ini tanpa bermaksud meranking atau menilai mana yang lebih baik.

Unand dan UNP sama-sama memiliki keunggulan masing-masing yang membuat keduanya menjadi kampus kebanggaan masyarakat Sumatera Barat.

1. Akreditasi

Universitas Andalas mendapatkan akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2023 berdasarkan surat keterangan nomor 1120/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/2023.

Akreditasi ini berlaku hingga 5 Desember 2028. Universitas Negeri Padang (UNP) juga mendapatkan akreditasi unggul dari BAN-PT berdasarkan surat keterangan nomor 1065/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/XII/2022.

2. Sejarah

Universitas Negeri Padang (UNP) awalnya bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) yang didirikan pada 23 Oktober 1954 di Batusangkar.

UNP telah mengalami banyak perubahan, baik dalam nama, lokasi, status, maupun program-program pendidikannya. Perubahan tersebut dapat diklasifikasikan dalam lima periode:

Editor : Heru C
Sumber : Youtube Creative Hamdi
Bagikan

Berita Terkait
Terkini