Tingkatkan Kualitas Layanan Perpustakaan, Universitas Ibnu Chaldun Jakarta Lakukan Ini

×

Tingkatkan Kualitas Layanan Perpustakaan, Universitas Ibnu Chaldun Jakarta Lakukan Ini

Bagikan berita
Diskusi tentang pelayanan perpustakaan
Diskusi tentang pelayanan perpustakaan

HALONUSA - Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan dan mengikuti perkembangan teknologi informasi, tim perpustakaan Universitas Ibnu Chaldun Jakarta melakukan studi banding ke Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada (14/08/2024).

Kunjungan tersebut bertujuan untuk menggali praktik terbaik dalam pengelolaan perpustakaan modern serta mengintegrasikan inovasi teknologi dalam layanan perpustakaan.

Delegasi dari Universitas Ibnu Chaldun, Betty, S.E sebagai Kepala Perpustakaan dan Maharani Auliya Agustin, S.IP sebagai Pustakawan Universitas Ibnu Chaldun Jakarta yang di dampingi oleh Dosen Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam dari Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar Cut Afrina, S. IP., M. IP berkesempatan untuk berdiskusi dengan para pustakawan UIN Syarif Hidayatullah mengenai berbagai aspek pengelolaan perpustakaan.

Mulai dari pengembangan koleksi digital, implementasi sistem informasi perpustakaan yang efisien, hingga program literasi yang inovatif.

“Kami sangat terkesan dengan berbagai inisiatif yang telah dilakukan oleh Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah,” ujar Agus Rifai.

“Studi banding ini memberikan kami banyak inspirasi untuk mengembangkan perpustakaan Ibnu Chaldun menjadi pusat informasi yang lebih dinamis dan relevan dengan kebutuhan pengguna,” lanjutnya.

Beberapa hal yang menjadi sorotan dalam studi banding ini adalah Pemanfaatan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah yang telah berhasil mengintegrasikan berbagai teknologi informasi dalam layanan perpustakaan seperti e-catalog, digital library dan layanan self-service, Program Literasi.

Selain itu, UIN Syarif Hidayatullah memiliki program literasi yang beragam, baik untuk mahasiswa maupun masyarakat umum yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan literasi digital.

Kerjasama dengan Stakeholder UIN Syarif Hidayatullah dengan berbagai pihak, seperti penerbit, perpustakaan lain dan komunitas untuk memperkaya koleksi dan layanan perpustakaan.

"Hasil dari studi banding ini diharapkan dapat mendorong transformasi perpustakaan Universitas Ibnu Chaldun," katanya.

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini