9 Hal Baru yang Ditemukan Ketika Menikah dengan Orang Minangkabau

×

9 Hal Baru yang Ditemukan Ketika Menikah dengan Orang Minangkabau

Bagikan berita
Marapulai dan Anak Daro Minangkabau, Sumatera Barat (Sumbar). (Foto: Halonusa.id)
Marapulai dan Anak Daro Minangkabau, Sumatera Barat (Sumbar). (Foto: Halonusa.id)

HALONUSA - Kali ini Halonusa.id akan membahas tentang sembilan hal baru yang ditemukan setelah menikah dengan orang Minangkabau.

Dikutip dari kanal Youtube Kaba Rantau Official, ia menceritakan pengalamannya menikah bersama dengan orang Minangkabau.

"Saya seorang perempuan Bugis yang sejak 13 tahun lalu menikah dengan lelaki dari etnis Minangkabau, Sumatra Barat," katanya.

Pernikahan ini membawa banyak kejutan yang ia temukan dalam kehidupan budaya Minang yang berbeda.

Perlu diketahui, tulisan ini bukan untuk menjelekkan orang Minang, tapi justru memberikan pengetahuan bagi kalian yang berpikir untuk menikah dengan orang dari suku lain.

Tradisi dan budaya suku atau daerah lain perlu dipahami agar bisa membuat kita saling memahami. Indonesia kaya akan suku dan budaya, jika tidak saling mengerti dan memahami, terus buat apa kekayaan itu dibanggakan?

Berikut sembilan hal yang akan ditemukan setelah menikah dengan orang Minangkabau.

1. Kebiasaan Makan dan Memasak yang Berubah Total

Pertama, kebiasaan makan saya berubah total. Sebagai contoh, kalian yang orang Bugis biasa makan ketan dengan kelapa parut yang diberi sedikit garam atau ketan dengan ikan asin dan sambal.

Di Minang, orang makan ketan dengan pisang goreng dan durian. Orang Bugis terbiasa makan pisang goreng dengan sambal atau dengan campuran margarin dan gula pasir diaduk jadi pasta, yang menurut mereka aneh.

Kedua, cara membuat teh juga berbeda. Di Minang, teh dibuat dengan merebus bubuk teh bersama air dan gula sampai mendidih lalu disaring. Di Bugis, teh dimasukkan ke dalam saringan, disiram air panas di gelas berisi gula, tinggal aduk, dan minum.

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini