8 Fakta Menarik Sumatera Barat di Mata Dunia, Ada yang Terindah dan Tertua

×

8 Fakta Menarik Sumatera Barat di Mata Dunia, Ada yang Terindah dan Tertua

Bagikan berita
Rumah Gadang Minangkabau, Sumatera Barat. (Foto: Pesona Indonesia)|
Rumah Gadang Minangkabau, Sumatera Barat. (Foto: Pesona Indonesia)|

Meskipun padat, rumah-rumah penduduk yang dibangun bertingkat-tingkat mengikuti kontur atau pola dari lereng gunung dan terlihat rapi serta indah dipandang.

Setiap sudut yang dilihat, atap gonjong yang runcing selalu terlihat (sebutan atap rumah gadang). Meskipun terlihat tua, rumah-rumah tersebut masih menarik dan khas karena motif-motif Minangkabau yang unik.

Yang menarik, masyarakat desa membangun rumah-rumah tersebut secara tradisional tanpa menggunakan paku.

4. Masjid Raya Sumatera Barat dengan Arsitektur Terbaik di Dunia

[caption id="attachment_9515" align="alignnone" width="700"]Masjid Raya Sumbar, sebagai ikon Ranah Minang. Masjid Raya Sumbar, sebagai ikon Ranah Minang. (Foto Instagram @pesonaid_travel)[/caption]

Masjid Raya Sumatera Barat menjadi salah satu dari tujuh pemenang penghargaan internasional dalam kompetisi desain arsitektur masjid yang diadakan oleh Penghargaan Abdullatif Al-Fozan untuk Arsitektur Masjid.

Penghargaan ini bertujuan untuk mendorong inovasi dalam perencanaan, desain, dan teknologi dalam arsitektur masjid di seluruh dunia.

Terdapat empat kategori penghargaan, yaitu masjid pusat, masjid Jam', masjid lokal, dan masjid komunitas dengan motto "Arsitektur Masjid di 21st Century".

Dalam kompetisi ini, terdapat 201 masjid dari 43 negara yang dinominasikan, dan tujuh masjid diumumkan sebagai pemenang utama, termasuk Masjid Raya Sumatera Barat bersama dengan enam masjid lainnya.

  • Masjid Raya Sumatra Barat di Indonesia
  • Masjid Raja Abdullah di Riyadh
  • Editor : Redaksi
    Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini