Festival Sibalam Menjadi Kebangkitan Situjuah, Magnet Baru Wisata Sumbar

×

Festival Sibalam Menjadi Kebangkitan Situjuah, Magnet Baru Wisata Sumbar

Bagikan berita
Salah satu rangkaian acara festival Sibalam di Nagari Situjuah Banda Dalam, Kecamatan Situjuah Limo Nagari. (Foto: Istimewa)
Salah satu rangkaian acara festival Sibalam di Nagari Situjuah Banda Dalam, Kecamatan Situjuah Limo Nagari. (Foto: Istimewa)

HALONUSA - Perhelatan perdana Festival Sibalam berhasil diselenggarakan dengan meriah di Nagari Situjuah Banda Dalam, Kecamatan Situjuah Limo Nagari.

Festival yang berlangsung dari tanggal 17 hingga 19 Agustus ini menjadi tonggak kebangkitan Nagari Situjuah, menghadirkan berbagai atraksi seni, budaya, dan kuliner khas yang mencerminkan kekayaan warisan daerah.

Ribuan pengunjung turut meramaikan acara yang berlangsung di gelanggang Tumpas, Jorong Padang Ambacang.

Berbagai atraksi seni seperti tari-tarian Minang, permainan tradisional anak nagari, serta legenda Situjuah, dipertontonkan kepada publik.

Salah satu daya tarik utama festival ini adalah lomba mamongek cubadak, kuliner otentik Situjuah yang telah dikenal luas sebagai hidangan khas dalam setiap acara penting, seperti baralek pangulu maupun pernikahan.

Ketua Panitia Festival Sibalam, Yorri Anetof, mengungkapkan bahwa festival ini akan menjadi agenda tahunan dan masuk ke dalam kalender wisata.

“Festival ini akan rutin dilaksanakan sebagai ajang pertunjukan budaya dan seni Situjuah, sekaligus menjadi wadah untuk mempromosikan pongek Situjuah dan menjadikannya ikon kuliner yang lebih dikenal luas,” jelas Yorri Anetof.

Wali Nagari Situjuah Banda Dalam, Lakon Siska, menambahkan bahwa festival ini bukan hanya sebagai ajang hiburan, tetapi juga sebagai sarana mempererat persaudaraan warga Nagari Situjuah Banda Dalam.

“Kami ingin menjadikan Nagari Situjuah Banda Dalam sebagai destinasi wisata, baik kuliner, budaya, maupun agrowisata. Potensi yang ada di nagari ini akan dikelola dengan baik untuk menarik wisatawan,” ujar Lakon Siska.

Festival Sibalam juga mendapat dukungan penuh dari anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Benni Okva, yang merupakan putra asli Situjuah.

Editor : Dewi Fatimah
Bagikan

Berita Terkait
Terkini