8 Fakta Menarik Sumatera Barat di Mata Dunia, Ada yang Terindah dan Tertua

×

8 Fakta Menarik Sumatera Barat di Mata Dunia, Ada yang Terindah dan Tertua

Bagikan berita
Rumah Gadang Minangkabau, Sumatera Barat. (Foto: Pesona Indonesia)|
Rumah Gadang Minangkabau, Sumatera Barat. (Foto: Pesona Indonesia)|

Kepulauan ini sedikitnya dikunjungi empat ribu peselancar asing setiap tahunnya pada musim ombak, yakni mulai Maret hingga September.

Di Mentawai, terdapat 72 spot ombak surfing yang menjadi favorit peselancar dunia dari berbagai negara seperti Australia, Selandia Baru, Jepang, Amerika Serikat, Afrika Selatan, dan Amerika Latin.

Dua di antaranya, yang disebut Lances Right dan Macaronies, dianggap sebagai 10 titik terbaik di dunia karena ombaknya yang selalu konsisten.

Beberapa peselancar profesional mengatakan bahwa ketinggian ombak di Pulau Siberut, Sipora, Pagai Utara, dan Pagai Selatan dapat mencapai 4 meter dengan pecahan gelombang enam kali.

Setiap musim surfing antara Maret hingga September, ribuan peselancar dari seluruh dunia datang ke Desa Tuapejat di Pulau Sipora melalui Padang.

Jumlah wisatawan asing yang datang jauh lebih banyak daripada wisatawan domestik, dengan perbandingan lebih dari 7.000 wisatawan asing per tahun dibandingkan dengan sekitar 2.000 wisatawan domestik.

2. Rendang Makanan Terenak di Dunia

[caption id="attachment_42529" align="alignnone" width="766"]Rendang di Restoran Selamat, Kota Padang. (Foto: Youtube Herlina Basri) Rendang di Restoran Selamat, Kota Padang. (Foto: Youtube Herlina Basri)[/caption]

Rendang merupakan makanan dengan olahan daging dan rempah-rempah khas Minangkabau yang dihasilkan melalui proses memasak berjam-jam dengan santan hingga kering, menghasilkan potongan daging berwarna hitam pekat.

Rendang ini diketahui juga dapat bertahan dalam suhu ruangan selama berminggu-minggu.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini