- Jangan Membicarakan Keburukan Pelanggan Lain
Jangan menceritakan kesalahan atau keburukan pelanggan lain. Simpanlah sebagai rahasiamu dan perusahaan.
Jika pelanggan A mendengarmu membicarakan kesalahan pelanggan B, pelanggan A akan merasa tidak nyaman dan berpikir bahwa dia bisa bernasib sama.
2. Tetap Sabar Menghadapi Pelanggan yang Cerewet
Sifat seorang pelanggan itu berbeda-beda. Ada yang ramah, jutek, dan lain sebagainya. Jika kamu menemui pelanggan yang menyusahkan, tetaplah bersabar.
Misalnya, jika ada pelanggan yang bertanya banyak tentang produkmu, layani dengan menjawab setiap pertanyaan meskipun jawabannya sudah ada di brosur.
Jangan marah jika pelanggan tersebut tidak jadi membeli produk Kamu. Jangan mengeluarkan perkataan seperti, "Nanya mulu, jadi beli gak nih?" atau "Kalau gak mau beli jangan banyak nanya dong."Calon konsumen yang cerewet biasanya akan loyal jika sudah jatuh hati pada pelayananmu.
Sebaliknya, jika merasa tidak puas, dia akan bercerita kepada orang lain bahwa pelayananmu buruk.
3. Berkomunikasi dengan Baik
Komunikasi merupakan hal yang sangat penting. Berkomunikasi dengan baik tidak harus menggunakan bahasa formal.
Editor : Dewi Fatimah