Ceramah Ramadhan 2023: 4 Golongan Manusia dan yang Harus Dilakukan dalam Hidup

×

Ceramah Ramadhan 2023: 4 Golongan Manusia dan yang Harus Dilakukan dalam Hidup

Bagikan berita
Rayakan ramadan 2023 dengan berkah promo PermataBank. (Foto: PermataBank)
Rayakan ramadan 2023 dengan berkah promo PermataBank. (Foto: PermataBank)

HALONUSA.COM - Pada artikel ini, terdapat ceramah Ramadhan 2023 yang bisa jadi referensi untuk dibacakan pada saat Tarawih di malam hari.

Seperti yang diketahui, saat bulan suci Ramadhan dengan kegiatan rutinitas Tarawih akan dilakukan juga penyampaian ceramah oleh ustaz terkait.

Ceramah dilakukan setelah sholat isya selama waktu 30 menit kurang lebihnya, sebelum memulai ibadah Tarawih. Meski di tempat lain, ada masjid/musola yang tidak menerapkannya.

Jika masjid/musola tempatmu berada memberlakukan aturan ceramah, maka bisa membaca artikel ini sampai selesai untuk dapat ilmu terkait 4 golongan manusia dan 3 hal yang harus dilakukan.

Materi ceramah tentang 4 golongan manusia merupakan nasehat Imam I-Ghazali yang telah dipublikasikan oleh Kementrian Agama (Kemenag), sementara 3 hal untuk manusia lakukan berdasarkan nasehat ulama Buya Hamka.

4 Golongan Manusia

Pertama yaitu mereka orang baik dan berilmu, namun untuk dirinya sendiri. Merupakan jenis manusia yang paling baik dari segala sisi agama, namun ia tidak mempergunakan ilmunya untuk kebaikan.

Hal ini sangat disayangkan karena ia berpotensi masuk neraka, sebab jika tidak memberikan pengajaran kepada anaknya (jika ia punya) dan membiarkan sang anak berperilaku dosa hingga meninggal dunia.

Seperti yang sama-sama kita ketahui, adalah memiliki sebuah anak berarti juga membeban tanggung jawab dunia akhirat. Dalam Islam, orangtua wajib mengarahkan anaknya sesuai ajaran alquran dan hadits dari kecil.

Kedua, mereka yang memiliki ilmu dan mampu membagi hal tersebut serta memanfaatkan hal tersebut kepada orang lain. Manusia kedua ini adalah jenis manusia terbaik, yaitu manusia yang sukses dunia akhirat.

Ketiga, manusia yang menyadari ketidaktahuannya tapi tidak berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Contoh, ia tahu bahwa sholat bernilai wajib. Tapi ia tetap malas dan lalai melakukan, maka neraka adalah ganjarannya.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini