Ceramah Ramadhan 2023: 4 Golongan Manusia dan yang Harus Dilakukan dalam Hidup

×

Ceramah Ramadhan 2023: 4 Golongan Manusia dan yang Harus Dilakukan dalam Hidup

Bagikan berita
Rayakan ramadan 2023 dengan berkah promo PermataBank. (Foto: PermataBank)
Rayakan ramadan 2023 dengan berkah promo PermataBank. (Foto: PermataBank)

Terakhir, yaitu manusia yang tidak tahu apa-apa dan juga tidak menyadari ketidaktahuannya. Orang ini bisa dikatakan sebagai seorang mualaf yang baru memeluk agama Islam, bisa juga jika ia Islam dan kekurangan terhadap suatu ilmu.

3 Hal yang harus Manusia Lakukan Selama Hidup

Poin satu ada dalam hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Amirul Mu'minin, Abi Hafs Umar bin Al Khottob radiallahuanhu, dia berkata: Saya mendengar Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam bersabda:

"Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan."

Buya Hamka dalam majalah Panji Masyarakat pernah menuliskan tentang, "Allah SWT akan mempertemukan kita dengan apa yang kita cari," maka penting untuk meluruskan niat terlebih dahulu.

Ia mencontohkan sebuah cerita dari jamaah yang berkunjung ke Arab dan masih menemukan tempat maksiat, tapi Buya Hamka sendiri ke Amerika tidak menemukan tempat maksiat. Hal tersebut karena niat Hamka ke Amerika adalah untuk pendidikan, bukan mencari kemaksiatan. Menurutmu apakah niat seorang jamaah tadi ke Arab?

Maka dari itu dalam berpuasa, kita juga harus meniatkan jadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Jangan hanya dapat lapar dan haus saja, karena banyak keutamaan jika melakukan dengan bersungguh-sungguh.

Selanjutnya, terkait hal yang harus dilakukan dalam hidup yaitu terkait batasan kita terhadap kematian. Setiap yang bernyawa pasti akan tiada, maka jadilah peribadi bertaqwa yang selalu ingat akan ajal kita.

Setelahnya, maknai waktu dan temukan kegunaan untuk hidup agar dapat mengenali diri. Demikian, kamu akan mengenali tuhanmu. Mendapatkan makna dari mana manusia berasal dan menyadari kekuasaan Allah SWT tiada habisnya.

Itulah materi ceramah tentang 4 golongan manusia dan 3 hal yang harus mereka lakukan selama hidup untuk jadi referensi bacaan saat lakukan ibadah Tarawih pada bulan Ramadhan 2023, semoga bermanfaat. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini