Sejarah Cagar Budaya Masjid Ampang Gadang di Kabupaten Limapuluh Kota

×

Sejarah Cagar Budaya Masjid Ampang Gadang di Kabupaten Limapuluh Kota

Bagikan berita
Sejarah Cagar Budaya Masjid Ampang Gadang di Kabupaten Limapuluh Kota (FOTO: BPCB Sumbar)|
Bagian dalam Masjid Ampang Gadang  (FOTO: Dok. BPCB Sumbar)|Bentuk atap dan menara Masjid Ampang Gadang(FOTO: Dok. BPCB Sumbar)
Sejarah Cagar Budaya Masjid Ampang Gadang di Kabupaten Limapuluh Kota (FOTO: BPCB Sumbar)| Bagian dalam Masjid Ampang Gadang (FOTO: Dok. BPCB Sumbar)|Bentuk atap dan menara Masjid Ampang Gadang(FOTO: Dok. BPCB Sumbar)

HALONUSA.COM  - Masjid Ampang Gadang menjadi salah satu cagar budaya tidak bergerak yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatra Barat (Sumbar).

Masjid Ampang Gadang tercatat sebagai cagar budaya di Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumbar dengan nomor inventaris 63/BCB-TB/A/10/2009.

Lokasi Masjid Ampang Gadang ini tepatnya berada di Jalan Ampang Gadang, Jorong Ampang Gadang, Nagari VII Koto Talago, Kecamatan Guguk.

Secara astronomis, cagar budaya ini berada di titik: 100° 31' 51.200" E - 0° 6' 52.099" S.

Sedangkan secara geografis, situs cagar budaya Masjid Ampang Gadang Berada di datarang tinggi,  dengan ketinggian 570 Mdpl.

Masjid Ampang Gadang ini memiliki luas bangunan 13,6 m x 13,6 m dengan luas lahan 25 m x 12 m.

Untuk menuju ke lokasi Masjid Ampang Gadang dapat di tempuah dengan kendaraan roda dua atau empat karena berada di pinggir jalan kampung yang beraspal.

Pemilik Masjid Ampang Gadang adalah Tanah Pusako Suku Caniago Dt. Parpatih dan Suku Melayu dan dikelola oleh Madrasah Diniyah.

Sejarah atau Historis

Masjid Ampang Gadang merupakan salah satu Masjid Kuna (Kuno) di Kecamatan Guguk, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini