Pembunuh Presiden Haiti Jovenel Moïse Tertangkap, Ini Misi Operandinya

×

Pembunuh Presiden Haiti Jovenel Moïse Tertangkap, Ini Misi Operandinya

Bagikan berita
Terduga pelaku pembunuhan Presiden Haiti
Terduga pelaku pembunuhan Presiden Haiti

4. Situasi di Haiti bisa semakin mengkhawatirkan

Sebagai informasi, Moïse diserang sekelompok pasukan bersenjata pada Rabu (7/7/2021) malam. Berdasarkan penuturan pejabat setempat, pelaku penyerangan merupakan tentara bayaran yang sudah terlatih untuk membunuh. Kementerian Pertahanan Kolombia membenarkan pelaku merupakan mantan personel militer. Mereka berjanji membantu otoritas keamanan Haiti dalam proses investigasi.

"Misi para penyerang ini awalnya untuk memastikan keselamatan Emmanuel Sanon, tetapi kemudian misi itu diubah, dan mereka (dalang kejahatan) memberi salah satu penyerang surat perintah penangkapan untuk presiden republik," kata Charles pada Minggu (11/7/2021), sebagaimana diberitakan Reuters.

Sebelum pembunuhan, Haiti yang merupakan negara termiskin di Karibia sedang berkutat dengan pandemik COVID-19, inflasi, hingga kekerasan geng yang merajalela. Kini, situasi itu semakin mengkhawatirkan karena kekosongan kekuasaan, sebab banyak politisi yang tidak menerima Perdana Menteri Interim Claude Joseph mengambil alih tugas presiden.

Pada Sabtu, 10 Juli 2021, Jimmy Cherizier, mantan perwira yang sekarang memimpin geng di Haiti, berjanji akan mengerahkan anak buahnya untuk memprotes pembunuhan. Cherizier menyebut polisi dan politisi oposisi bersekongkol untuk mengorbankan Moise.`

Pejabat setempat telah meminta AS dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk membantu pengamanan Haiti. AS telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan mengirim tim taktis untuk melihat situasi di lapangan, tapi tidak akan mengirimkan militer. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini