Siapakah Ketua PPP Sumbar? Mampukah Menarik Anak Muda Menangkan Pemilu 2024

×

Siapakah Ketua PPP Sumbar? Mampukah Menarik Anak Muda Menangkan Pemilu 2024

Bagikan berita
Siapakah Ketua PPP Sumbar? Mampukah Menarik Anak Muda Menangkan Pemilu 2024
Siapakah Ketua PPP Sumbar? Mampukah Menarik Anak Muda Menangkan Pemilu 2024

Tidak ketinggalan Erwin Yunaz, Wakil Wali Kota Payakumbuh. Adapun Fauzi Bahar dan Nofi Chandra yang pada Pilkada lalu diusung PPP, bahkan tidak ketinggalan Fadly Amran kini Walikota Padang Panjang.

Nama-nama mereka hangat-hangatnya di Kota Padang diperbincangkan, akankah keduanya akan masuk ke PPP, tentu ini yang masih jadi pertanyaan. Sementara itu Audy Joinaldy, Wakil Gubernur Sumatera Barat apakah akan turun gunung pula dalam musyawarah yang digelar PPP ini nantinya?

Kabarnya Musyawarah Wilayah (Muswil) akan digelar pada 24-25 Mei 2021, musyawarah akan membahas laporan pertanggung jawaban pengurus yang akan berakhir, membuat rekomendasi dan program serta menyusun kepengurusan untuk periode berikutnya dengan menggunakan sistem formatur.

Dalam formatur itu berjumlah tujuh orang, terdiri satu dari pengurus DPW PPP dan lima dari utusan DPC kabupaten/kota, serta satu yang ditunjuk langsung DPP. Nah, masing-masing dari mereka bertugas memilih ketua dan menyusun struktur kepengurusan DPW PPP Sumbar periode berikutnya.

Membesarkan partai tidak sembarang tentunya, partai tidak hanya sekadar dipanasin bak kendaraan yang hendak berpergian. Namun perlu nakhoda yang jelimet, perlu logistik dan juga perlu jaringan kuat bahkan mampu mengakomodir anggota dan mampu duduk berdampingan dengan partai politik lainnya untuk memecahkan persoalan bangsa dan isi perut rakyat.

Muswil tidak hanya perkara memilih keidealan seorang pemimpin, melainkan ada integritas pengiring di dalamnya. Bahkan Pilkada 2024 tidak akan lama lagi dijelang dan masing-masing partai membutuhkan amunisi, sumber daya manusia agar mesin partai tetap menyala.

Mungkinkah tokoh muda akan menjadi pemimpin selanjutnya PPP di Sumatera Barat? semoga hal ini tidak terbantahkan. Apalagi secara nyata lecut tangan dari tokoh pemuda yang telah mengisi sejumlah jabatan eksekutif dan legislatif telah terlihat.

Secara terang-terangan pun sama-sama diketahui bila pada pemilihan legislatif (Pileg 2019), PPP hanya memperoleh empat kursi di DPRD Sumbar yang sebelumnya kokoh di delapan kursi, kemudian satu kursi untuk DPR RI yang sebelumnya dua kursi, ditambah dengan keadaan di kabupaten dan kota di Sumatera Barat.

Atau memang ada kemungkinan saat jelang Pemilu dan Pilpres masih direcoki perseteruan internal alias dualisme, hingga fitnah secara bergelombang menghantam pertahanan PPP. Bahkan nyaris 'Prabowo Efek' turut mengganggu stabilitas kerja dan pengurus, sehingga tidak maksimal.

Siapakah Ketua PPP Sumbar terpilih nanti? Apalah bisa membuat formulasi supaya mendapat dukungan dan tidak ditinggalkan khususnya kaum milenial? Ini merupakan tantangan bagi PPP terutama di Sumatera Barat dalam mempersiapkan Pemilu 2024. (tan)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini