Aksi Teror KKB Tidak Manusiawi, Pdt. Joop Suebu Dukung Penegakan Hukum

×

Aksi Teror KKB Tidak Manusiawi, Pdt. Joop Suebu Dukung Penegakan Hukum

Bagikan berita
Pdt. Joop Suebu
Pdt. Joop Suebu

Tindakan aksi kekerasan di Tanah Papua tidak hanya perusakan hingga menghilangkan nyawa manusia. Menurut catatan yang diperoleh, terhitung Januari hingga April 2021, KST di Papua telah melakukan 10 aksi pembunuhan dan perusakan fasilitas publik di Papua.

Mulai dari pembunuhan guru, pelajar, hingga tukang ojek. Kemudian terlibat perusakan dan pembakaran terhadap sekolah, helikopter milik PT. Arsa Air hingga rumah kepala suku dan guru di Beoga.

Ini merupakan catatan tambahan dari peristiwa yang tercatat di 2020, dimana telah melakukan 46 aksi kekerasan.

Baca juga: Lion Air Membuka Rute Manado-Timika Papua Senin Mendatang

Kemudian di 2018, KST membantai 31 pekerja sipil yang sedang melakukan pembangunan jalan Trans Papua. Adapun di 2017, KST melakukan penyanderaan terhadap 1.300 warga sipil di Kampung Kimbely dan Kampung Banti, Kabupaten Mimika. Pemerintah Indonesia pun menilai perbuatan KKB tidak dapat ditolerir dalam bentuk apa pun dan dimana pun, terlebih dengan penggunaan senjata yang merenggut korban jiwa.

Pemerintah melalui Kementerian Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) menyatakan bahwa aksi kekerasan yang dilakukan oleh KKB di Papua adalah gerakan atau aksi Terorisme, seperti yang termaktub dalam UU No 5 Tahun 2018. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini