Pantaskah Produk Aqua Di Boikot?

×

Pantaskah Produk Aqua Di Boikot?

Bagikan berita
Foto: Sehat Aqua
Foto: Sehat Aqua

HALONUSA.COM - Beberapa negara di dunia melakukan aksi pemboikotan produk dari negara Prancis, hal ini dipicu dari pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron mendukung seorang guru yang menampilkan karikatur Nabi Muhammad dan menyebutkan sebagai 'kebebasan berekspresi'. Bahkan, ia menilai agama Islam tengah mengalami krisis di seluruh dunia. Aksi boikot barang-barang asal Prancis inipun terjadi juga di Indonesia. Salah satu produk yang mengalami pemboikotan adalah produk minuman kemasan Danone-Aqua dan susu SGM. Bahkan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyerukan boikot produk Prancis agar pemerintah Prancis segera meminta maaf.SGM dan AQUA, adalah produk-produk yang dikembangkan dan diproduksi di Indonesia oleh tenaga kerja Indonesia untuk konsumen Indonesia. SGM sudah hadir sejak 1965, Aqua juga hadir sejak 1973 di Indonesia dan telah menjadi kepercayaan banyak konsumen sampai sekarang.

Profil Perusahaan AquaPerusahaan ini pertama kali didirikan pada tahun 1973 oleh Tirto Utomo dengan nama PT Golden Mississippi. Pabrik pertamanya berada di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat.

Kemudian, di tahun 1974, perusahaan ini merilis produk pertamanya dalam bentuk kemasan botol kaca berukuran 950 ml. Perusahaan terus berkembang hingga mendirikan pabrik keduanya di Pandaan, Jawa Timur pada tahun 1984.Di tahun 1998, PT Tirta Investama dan Danone melalui Danone Asia Holding Pte.Ltd menandatangani perjanjian untuk berkolaborasi membentuk grup Aqua. Pada tahun 2000 Aqua pun mulai mencantumkan 'Danone' di seluruh produknya.

Danone mulai membeli banyak saham milik PT Tirta Investama (sebelumnya tercatat sebagai PT Aqua Golden Mississippi) di Bursa Efek Indonesia. Saat ini, Danone pun menjadi pemegang saham mayoritas grup Aqua.Sejak saat itu, Aqua terus mengembangkan bisnisnya. Adapun, produk-Danone Aqua yang dikeluarkan berupa Aqua gelas, Aqua Botol, Aqua galon, hingga Aqua Kids.

Sementara itu, Danone sendiri merupakan produsen makanan dan minuman yang berkantor pusat di Prancis. Adapun, empat produk utamanya adalah susu segar, nutrisi awal kehidupan, air, dan gizi medis.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini