Contoh Materi Khutbah Jumat 17 Maret 2023 tentang Persiapan Amal Ibadah Ramadhan

√ó

Contoh Materi Khutbah Jumat 17 Maret 2023 tentang Persiapan Amal Ibadah Ramadhan

Bagikan berita
Ilustrasi Khotbah Jumat. (Ilustrator: Ryan Ramadi/Halonusa)
Ilustrasi Khotbah Jumat. (Ilustrator: Ryan Ramadi/Halonusa)

HALONUSA.COM - Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 2023, banyak persiapan amal ibadah yang bisa dilakukan dan akan dibahas dalam khutbah Jumat 17 Maret 2023.

Contoh materi Khutbah Jumat kali ini, akan mengulas beberapa persiapan amal ibadah sebelum memasuki kematian dan bisa dilakukan manusia mulai dari sekarang saat momen Ramadhan 2023.

Seperti yang diketahui, bulan Ramadhan dikenal sebagai ajang memupuk lebih banyak ibadah karena setiap perbuatan baik yang dilakukan akan memiliki nilai pahala berlipat ganda. Makin banyak ibadah, makin besar pahalanya.

Kamu dapat memanfaatkan momen tersebut untuk mempersiapkan diri sebelum kematian saat menghadapi 5 alam manusia lain yaitu Alam Barzah, Yaumul Mahsyar dan Yaumul Mizan serta Yaumul Hisab hingga Shiratal Mustaqim nantinya.

Baca juga:

Jadikan lah materi tentang persiapan diri menghadapi 5 alam manusia lain setelah kematian itu sebagai inspirasimu dalam menentukan tema contoh teks khutbah Jumat, 17 Maret 2023 dengan momen pengampunan dosa saat Ramadhan 2023.

Contoh Materi Khutbah Jumat 17 Maret 2023

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang persiapan kematian. Kematian adalah suatu hal yang pasti terjadi pada setiap manusia. Namun, seringkali kita lupa untuk mempersiapkan diri kita untuk menghadapinya. Padahal, persiapan kematian adalah salah satu tugas utama kita sebagai manusia.

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran, Surah Ali Imran ayat 185: "Setiap jiwa akan merasakan mati. Dan sesudah itu kamu akan dikembalikan kepada Kami." Oleh karena itu, kita sebagai hamba Allah harus mempersiapkan diri kita dengan sebaik-baiknya untuk menghadapi kematian.

Ada beberapa hal yang harus kita persiapkan untuk menghadapi kematian yaitu memperbaiki hubungan dengan Allah SWT, dengan beribadah dengan sebaik-baiknya, memperbanyak amal ibadah dan meningkatkan kualitas ibadah kita. Kita juga harus memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa-dosa yang telah kita lakukan.

Selanjutnya, memperbaiki hubungan dengan sesama manusia seperti keluarga, teman, dan orang lain di sekitar kita. Kita juga harus memohon maaf kepada orang yang pernah kita sakiti dan memberikan maaf kepada orang yang pernah menyakiti kita.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini