Persiapan Pilkada 2024, KPU Sumbar: Calon Gubernur Perseorangan Harus Kantongi 347.532 Dukungan

×

Persiapan Pilkada 2024, KPU Sumbar: Calon Gubernur Perseorangan Harus Kantongi 347.532 Dukungan

Bagikan berita
KPU Sumbar gelar sesi pertemuan dengan wartawan di Padang pada Kamis 4 April 2024. (Foto: Istimewa)
KPU Sumbar gelar sesi pertemuan dengan wartawan di Padang pada Kamis 4 April 2024. (Foto: Istimewa)

HALONUSA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) telah mengumumkan bahwa pemilihan kepala daerah serentak di daerah tersebut akan berlangsung pada bulan November 2024.

Menurut komisioner KPU Sumbar, Jons Manedi, dalam sebuah sesi pertemuan dengan wartawan di Padang pada Kamis (4/4), meskipun sebelumnya terjadi perdebatan terkait penjadwalan pemilihan ini pada bulan September 2024, namun setelah dikeluarkannya PKPU No.2/2024, hari pemungutan suara untuk pemilihan serentak ini ditetapkan pada tanggal 27 November 2024.

Selain menetapkan tanggal pemungutan suara, KPU Sumbar juga telah menetapkan beberapa tahapan untuk pemilihan tersebut.

Ini termasuk pembukaan pendaftaran untuk petugas pemantau, lomba desain logo, serta acara peluncuran resmi pemilihan serentak 2024 untuk Sumbar pada tanggal 4 Mei 2024.

"Sehari setelah launching atau 5 Mei 2024, KPU membuka pendaftaran bagi calon kepala daerah dari jalur perseorangan. Untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur perseorangan, mereka harus dapat sebanyak 347.532 dukungan dengan sebaran 10 kabupaten kota di Sumbar," ungkap Jons Manedi.

Ory Sativa Syakban, yang juga merupakan Komisioner KPU Sumbar sekaligus Ketua Divisi Teknis, menambahkan bahwa jadwal pendaftaran untuk pasangan calon gubernur-wakil gubernur, bupati-wakil bupati, dan wali kota-wakil wali kota akan dibuka mulai dari tanggal 4 Mei hingga 19 Agustus 2024.

Meskipun tahapan untuk pemilihan serentak 2024 telah ditetapkan, Ori sangat berharap bahwa partisipasi masyarakat dalam pemilihan ini dapat meningkat.

"Sejalan dengan hal tersebut, KPU akan melakukan upaya optimal untuk melibatkan berbagai segmen masyarakat dalam proses pemilihan, mulai dari pembuatan tagline, lomba jingle, lomba desain maskot pemilihan, hingga acara peluncuran resmi pemilihan serentak di Sumbar setelah Lebaran," ujar Ori Sativa Syakban. (*)

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini