Persiapan Mudik 2023 Jawa-Sumatera, Kemenhub Aktifkan 12 Pelabuhan

×

Persiapan Mudik 2023 Jawa-Sumatera, Kemenhub Aktifkan 12 Pelabuhan

Bagikan berita
Ilustrasi Mudik (Ilustrator: Ryan Ramadi)
Ilustrasi Mudik (Ilustrator: Ryan Ramadi)

HALONUSA.COM - Dalam mempersiapkan arus mudik dari Pulau Jawa ke Sumatera, Kementrian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan sebanyak 12 dermaga penyeberangan.

Hal tersebut dimaksudkan untuk mengurai kemacetan yang terjadi di Pelabuhan Merak, Provinsi Banten.

"Sehingga keberangkatan itu tidak saja di Merak. Ada juga di Ciwandan ada di Indah Kiat," kata Mentri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Selain menambah jumlah deramaga, Kemenhub juga memperbanyak jumlah kapal untuk penyeberangan dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera melalui 3 pelauhan tersebut.

"Kemenhub menyiapkan 12 unit kapal roro untuk melintas Ciwandan-Bakauheni. Untuk lintasan Ciwandan-Panjang akan dilayani oleh tiga unit kapal milik PT Pelni dan PT ALP. Selain itu, ada 24 perjalanan perharinya di lima dermaga Pelabuhan Ciwandan," katanya.

Senada dengan itu, Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno mengatakan, Pelabuhan Ciwandan dan pelabuhan penyeberangan lainnya akan dimanfaatkan selama musim mudik lebaran. Pelabuhan ini akan difokuskan pada pengguna sepeda motor serta truk logistik.

"Nantinya kendaraan roda empat dan bus akan menggunakan Pelabuhan Merak untuk arus mudik dan Bakauheni. Untuk arus balik, terpisah dengan kendaraan roda dua dan truk agar tidak terlalu padat," katanya. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini