6 Keunikan Sumatera Barat yang Belum Banyak Orang Tahu, Ada Ikan Langka!

×

6 Keunikan Sumatera Barat yang Belum Banyak Orang Tahu, Ada Ikan Langka!

Bagikan berita
Pangek Ikan Bilih. (Foto: Raunholic)
Pangek Ikan Bilih. (Foto: Raunholic)

Pemprov Sumbar tidak mengizinkan Indomaret dan Alfamart beroperasi demi melindungi usaha kecil menengah (UKM) dan pengusaha lokal.

Pemerintah daerah memastikan bahwa kebijakan ini tidak mengakibatkan Sumbar menutup diri dari investasi eksternal, melainkan memberikan peluang pengembangan bagi usaha ritel lokal.

6. Suku Mentawai

[caption id="attachment_45782" align="alignnone" width="718"]Potret orang Suku Mentawai. (Foto: Shutterstock/CW Pix) Potret orang Suku Mentawai. (Foto: Shutterstock/CW Pix)[/caption]

Mentawai adalah suku asli dari salah satu kabupaten yang ada di Sumbar, tepatnya Kepulauan Mentawai dan disebut sebagai salah satu suku tertua di Indonesia dan dunia.

Bahkan keberadaan nenek moyangnya sejak 500 SM (sebelum masehi) lalu membuatnya juga berada dalam daftar, salah satu suku tertua di dunia. Begitu pula dengan motif tatonya, juga dikenal dengan tato tertua di dunia.

Seperti yang diketahui, Mentawai punya motif tato unik dan disebut sebagai penanda identitas mereka yang menggambarkan keseimbangan antara penghuni hutan dengan alam.

Selain itu, pakaian mereka juga hanya kenakan kain sepotong dan memiliki kepercayaan agama sendiri yaitu Sabulungan dengan keyakinan keberadaan roh jiwa hingga benda sakral hingga kebiasaan meruncingkan gigi.

Itulah keunikan yang hanya ada di Provinsi Sumatera Barat mulai dari asal mula budidaya Ikan Bilih hingga keberadaan suku dan tato Mentawai. Semoga bermanfaat. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini