6 Keunikan Sumatera Barat yang Belum Banyak Orang Tahu, Ada Ikan Langka!

×

6 Keunikan Sumatera Barat yang Belum Banyak Orang Tahu, Ada Ikan Langka!

Bagikan berita
Pangek Ikan Bilih. (Foto: Raunholic)
Pangek Ikan Bilih. (Foto: Raunholic)

HALONUSA.COM - Ada banyak keunikan pada Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang membuatnya berbeda dari daerah lain di Indonesia.

Tidak hanya dikenal dengan kuliner rendangnya, Sumatera Barat ternyata juga banyak hal unik sebagai pembentukan identitas yang kemungkinan belum banyak orang tahu.

Salah satunya budidaya ikan bilih yang awalnya berasal dan berada di Danau Singkarak, Kabupaten Solok meski kini sudah dibudidayakan di Danau Toba, Sumatera Utara.

Pada artikel ini, Halonusa.com akan merangkum beberapa fakta keunikan yang hanya ada di Sumatera Barat (Sumbar) dan membuatnya beda dari seluruh wilayah di dunia.

Keunikan lainnya yaitu Minangkabau sebagai satu-satunya daerah yang menganut sistem matrelineal di Indonesia, sementara di dunia baru diketahui bahwa Yahudi juga menerapkan sistem serupa.

Berikut 6 Keunikan Provinsi Sumbar

1. Garis Keturunan Matrilineal

[caption id="attachment_30038" align="alignnone" width="627"]Pakaian-Adat-Lintau-Buo-CosmoPhost-Halonusa-Ade-Yuandha-(@Ade_Yuandha) Pakaian Adat Lintau Buo. Pakaian Adat Bundo Kanduang Limpapeh Rumah Nan Gadang, Merupakan Akulturasi Islam dan Budaya Minangkabau. (Foto: Dok. CosmoPhost/Halonusa)[/caption]

Provinsi Sumbar yang mayoritas didiami oleh suku Minangkabau diketahui sebagai satu-satunya di Indonesia dengan sistem kekerabatannya menganut garis keturunan ibu, yaitu matrilineal.

Sementara di dunia sendiri, baru terungkap bahwa negara Yahudi juga menerapkan sistem kekerabatan Matrilineal pada 2021 silam dan diperkirakan sudah ada sejak abad ke-5 SM.

Paham matrilineal Minang berfokus pada sistem kesukuan yang artinya suku seorang anak akan mengikut kepada ibunya, berbeda dengan suku-suku lain di Indonesia.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini