5 Tempat Wisata Religi di Kota Padang, Jangan Cuma ke Masjid Raya Sumbar Saja

×

5 Tempat Wisata Religi di Kota Padang, Jangan Cuma ke Masjid Raya Sumbar Saja

Bagikan berita
Masjid Al Hakim (Foto Halbert Caniago)|Masjid Raya Gantiang (Foto: Instagram sumbartravel)|Masjid Taqwa Muhammadiyah (Foto: Instagram  novizar_nazir)
Masjid Al Hakim (Foto Halbert Caniago)|Masjid Raya Gantiang (Foto: Instagram sumbartravel)|Masjid Taqwa Muhammadiyah (Foto: Instagram novizar_nazir)

Karena keadaan inilah masjid ini dijuluki sebagai Masjid Seribu Pintu Angin. Meskipun sebenarnya pintu utama hanya 17 pintu saja.

Selain itu masjid raya Sumbar didesain tanpa kubah. Sebagai gantinya dari kubah tersebut, atap masjid didesain dengan atap berbentuk segi empat. Pada setiap sudut atap menjulang ke langit seperti Rumah Gadang.

Meski secara sekilas bentuknya sama dengan bentuk gonjong Rumah Gadang, tetapi maksud dari 4 sudut tersebut adalah mencerminkan 4 kabilah Quraisy yang memegang kain untuk memindahkan batu hajar aswad.

2. Masjid Al Hakim

[caption id="attachment_30727" align="alignnone" width="1280"]Masjid Al Hakim (Foto Halbert Caniago) Masjid Al Hakim (Foto Halbert Caniago)[/caption]

Meski terbilang baru, Masjid Al Hakim yang berdiri megah di tepian Pantai Padang menjadi destinasi wisata religi bagi masyarakat. Sekilas Masjid tersebut serupa dengan Taj Mahal yang berdiri kokoh di Agra, India.

Tak tanggung-tanggung, selain mewah dan indah masjid ini ramah untuk kaum difabel. Di sini disediakan tangga dan jalan khusus bagi difabel.

Selain berwisata religi, kamu juga bisa berswafoto di Masjid Al-Hakim ini bersama teman dan keluargamu.

3. Masjid Muhammadan

Berkunjung ke kawasan Kota Tua Padang rasanya belum lengkap jika tidak mampir dan beribadah ke Masjid Muhammadan. Masjid yang tepatnya berlokasi di Kelurahan Pasa Gadang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang ini merupakan salah satu masjid yang tertua di Kota Padang.

Saat menginjakan kaki di Masjid Muhammadan ini, masyarakat akan dibuat terkagum-kagum karena desain yang cukup bagus dengan ornamen masjid yang dihiasi warna putih dengan garis-garis hijau yang mendominasi. Di bagian dalam, tidak terlihat mimbar seperti lazimnya masjid-masjid yang ada di Padang.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini