Komplain AJI Soal Sejumlah Pasal dalam RUU KUHP, Sebut Ancam Kebebasan Pers

×

Komplain AJI Soal Sejumlah Pasal dalam RUU KUHP, Sebut Ancam Kebebasan Pers

Bagikan berita
Logo Aliansi Jurnalis Independen (AJI). (Foto: Dok. Istimewa)
Logo Aliansi Jurnalis Independen (AJI). (Foto: Dok. Istimewa)

7. Penyiaran Berita Bohong

Pasal 262 a. Setiap Orang yang menyiarkan atau menyebarluaskan berita atau pemberitahuan padahal diketahuinya bahwa berita atau pemberitahuan tersebut bohong yang mengakibatkan kerusuhan dalam masyarakat dipidana dengan pidana penjara paling lama enam tahun atau pidana denda paling banyak kategori V.

b. Setiap orang yang menyiarkan atau menyebarluaskan berita atau pemberitahuan padahal patut diduga bahwa berita atau pemberitahuan tersebut adalah bohong yang dapat mengakibatkan kerusuhan dalam masyarakat dipidana dengan pidana penjara paling lama empat

tahun atau pidana denda paling banyak kategori IV.

Pasal 263 Setiap orang yang menyiarkan kabar yang tidak pasti, berlebih-lebihan, atau yang tidak lengkap sedangkan diketahuinya atau patut diduga, bahwa kabar demikian dapat mengakibatkan kerusuhan di masyarakat dipidana dengan pidana penjara paling lama dua tahun atau pidana denda paling banyak kategori III.

Pasal 512

Setiap Orang yang dengan maksud menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, menyiarkan kabar bohong yang mengakibatkan naik atau turunnya harga barang dagangan, dana, transaksi keuangan, atau surat berharga dipidana dengan pidana penjara paling lama tiga tahun atau pidana denda paling banyak kategori IV.

8. Gangguan dan Penyesatan Proses Peradilan

Pasal 281

Dipidana dengan pidana denda paling banyak kategori II, setiap orang yang pada saat sidang pengadilan berlangsung: a. tidak mematuhi perintah pengadilan yang dikeluarkan untuk kepentingan proses peradilan;

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini