15 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Kota Payakumbuh dan Kabupaten 50 Kota saat Libur Lebaran 1443 H

×

15 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Kota Payakumbuh dan Kabupaten 50 Kota saat Libur Lebaran 1443 H

Bagikan berita
Lembah Harau. (Foto: Wikipedia)
Lembah Harau. (Foto: Wikipedia)

11. Jembatan Ratapan Ibu

Tidak hanya wisata alamnya yang memukau, wisata bersejarah di Payakumbuh tak kalah cantik. Jembatan Ratapan Ibu adalah jembatan yang dibangun pada tahun 1818 oleh pemerintah Hindia Belanda dengan teknik kerja paksa penduduk Indonesia. Hingga saat ini desain dari jembatan ini masih kental dengan bangunan ala Belanda. Terlihat begitu menawan dan indah.

Jembatan ini melintasi Sungai Batang Agam dan dahulu difungsikan untuk menghubungkan Pasar Payakumbuh dengan Nagari Aie Tabik. Keindahan tempat ini menyimpan kenangan menyedihkan di masa lalu. Nama Jembatan Ratapan Ibu disematkan karena pada zaman dahulu tempat ini menjadi salah satu tempat eksekusi para pemuda dan jasadnya dibuang di sungai Batang Agam.

Jembatan ini menjadi tempat yang cukup bersejarah bagi Payakumbuh. Tak heran apabila banyak pengunjung sengaja mengunjunginya untuk melihat secara langsung. Jembatan ini masih berdiri dengan kokoh hingga saat ini. Akan terlihat lebih indah saat suasana menjelang senja.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi Alamat: Jl. Jend A Yani No.78, Daya Bangun, Kec. Payakumbuh Bar, Kab. Limapuluh Kota, Sumatra Barat.

12. Nagari Seribu Menhir

Berlibur ke Payakumbuh tidak akan lengap jika tak mengunjungi nagari seribu menhir. Apalagi tempat wisata tersebut adalah peninggalan zaman dahulu karena terdapat batu jajak ayam, batu tapak, lumpang batu, menhir dan peninggalan zaman pra sejarah lainnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi

Alamat: Nagari Menhir, Kec. Bukit Barisan, Kab. Lima Puluh Kota.

13. Batang Tabik

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini