Anggota NII Banyak di Sumbar, Pakar: Tak Perlu Kaget

×

Anggota NII Banyak di Sumbar, Pakar: Tak Perlu Kaget

Bagikan berita
Pengamat Intelijen dan Keamanan (Intelkam), Stanislaus Riyanta. (Foto: Dok. Istimewa)
Pengamat Intelijen dan Keamanan (Intelkam), Stanislaus Riyanta. (Foto: Dok. Istimewa)

HALONUSA.COM - Pengamat Intelijen dan Keamanan (Intelkam), Stanislaus Riyanta mengaku tak kaget dengan jumlah anggota Negara Islam Indonesia (NII) yang banyak tersebar di Sumatera Barat (Sumbar).

Hal tersebut disampaikannya usai Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) menyebut ada sebanyak 1.125 orang teroris kelompok NII berdiam di Kabupaten Tanah Datar dan Dharmasraya.

"Seharusnya tidak perlu kaget dengan jumlah itu karena selama ini kelompok radikal, tidak hanya NII tetapi juga Jamaah Islamiyah (JI) melakukan konsolidasi, termasuk penggalangan dana dan perekrutan," kata Stanislaus kepada Halonusa.com, Rabu (13/4/2022).

Selama ini, kata Stanislaus, mereka terlihat seperti sel yang tertidur (sleeper cel). Namun, sejatinya, mereka beraktivitas. Jika tak ditangani segera, maka keberadaan mereka akan terus membesar dan membahayakan negara.

"Kalau sudah melanggar hukum harus diproses hukum, tetapi juga perlu hati-hati karena banyak juga yang sebenarnya korban propaganda, apalagi ada juga dugaan perekrutan anak-anak. Korban ini harus dideradikalisasi," ucapnya.

Menurutnya, tidak mungkin menyerahkan permasalahan tersebut kepada aparat penegak hukum semata. Pasalnya, pemberantasan kelompok tersbeut memerlukan peran antar lembaga.

Seperti, Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemenristekdikbud), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Badan Nasional Penanggulangan dan Terorisme (BNPT), dan lembaga lain.

"Masyarakat juga perlu dilibatkan, mengingat kelompok ini hidup di tengah-tengah masyarakat. Tanpa adanya kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat, (rasanya) sulit menangani masalah radikalisme ini dengan tuntas," katanya.

Baca juga: Polri Sebut Ada 1.125 Teroris NII di Sumbar, Tersebar di 2 Kabupaten Ini

Baca juga: Mengenal NII, Kelompok Teroris yang Punya 1.125 Anggota di Sumbar

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini