8 Ide Usaha di Desa, Untungnya Bikin Kaget dan Ketagihan!

×

8 Ide Usaha di Desa, Untungnya Bikin Kaget dan Ketagihan!

Bagikan berita
Ilustrasi. (Foto: Canva/Pinterest)
Ilustrasi. (Foto: Canva/Pinterest)

Di desa, terdapat banyak lahan yang dapat dimanfaatkan untuk menyemai bibit tanaman. Bibit-bibit ini sangat dibutuhkan baik oleh penduduk desa maupun penduduk kota yang ingin menanam di sekitar rumahnya.

Dengan menjual bibit tanaman, kamu dapat memenuhi kebutuhan akan tanaman-tanaman tersebut di masyarakat.

Kamu bisa fokus pada bibit-bibit tanaman yang mudah untuk dibudidayakan dan populer di pasaran. Dengan cara ini, bisnis kamu dapat menjawab kebutuhan pasar yang ada, baik di tingkat lokal maupun regional.

8. Menjadi Reseller

Menjadi reseller merupakan opsi bisnis yang menarik di desa, terutama karena seringkali terdapat sedikit pilihan barang, dan beberapa barang memiliki eksklusivitas atau masih sulit ditemukan di tempat lain.

Peluang ini dapat kamu manfaatkan dengan menjadi reseller produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat. Kamu bisa menyesuaikan jenis produk dengan hasil riset terhadap kebutuhan masyarakat desa.

Itulah 8 rekomendasi inovasi bisnis di desa yang dapat kamu pertimbangkan.

Yang terpenting, ketika memutuskan untuk menjadi pengusaha, kamu harus siap menerima segala konsekuensi yang mungkin terjadi dan bekerja keras untuk menjalankan bisnismu. Semoga berhasil! (*)

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini