8 Ide Usaha di Desa, Untungnya Bikin Kaget dan Ketagihan!

×

8 Ide Usaha di Desa, Untungnya Bikin Kaget dan Ketagihan!

Bagikan berita
Ilustrasi. (Foto: Canva/Pinterest)
Ilustrasi. (Foto: Canva/Pinterest)

Potensi ini juga bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan, terutama jika souvenir tersebut memiliki daya tarik yang bisa membuatnya laris di pasar lokal maupun internasional.

Mengembangkan bisnis souvenir khas desa tidak hanya berpotensi mendatangkan keuntungan finansial, tetapi juga dapat menjadi upaya dalam mengangkat potensi dan martabat desa itu sendiri.

Dengan mempromosikan serta mendistribusikan souvenir khas desa ke luar daerah atau bahkan ke luar negeri, hal ini dapat membantu meningkatkan citra dan popularitas desa tersebut.

6. Bisnis Olahan Pangan Kreatif

Bisnis olahan pangan kreatif merupakan pilihan yang sangat menarik. Olahan pangan memiliki pangsa pasar yang stabil karena selalu memiliki penggemar tersendiri. Oleh karena itu, kamu tidak perlu ragu untuk memulai usaha ini.

Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menciptakan bisnis olahan pangan yang kreatif, terutama dengan mempertimbangkan komoditas unggulan di desa tersebut.

Sebagai contoh, jika komoditas unggulan adalah ketela, yang jika dijual tanpa diolah hanya laku seharga Rp4000 per kg, kamu bisa mengolahnya menjadi keripik.

Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan keuntungan hingga Rp20.000 per kg.

7. Menjual Bibit Tanaman

Salah satu inovasi bisnis yang mungkin belum terpikirkan secara langsung adalah menjual bibit tanaman di desa. Padahal, bisnis ini dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini