Ruang Publik dan Pengalaman Keindahan (Sebuah Catatan terhadap Kegiatan HMJ Goes TO Batusangkar Week 2023)

×

Ruang Publik dan Pengalaman Keindahan (Sebuah Catatan terhadap Kegiatan HMJ Goes TO Batusangkar Week 2023)

Bagikan berita
Pertunjukan Randai Pandeka Tengkak dalam kegiatan Goes To Batusangkar Week di Taman Kota Lapangan  Cindua Mato(Dokumentasi; Dede Pramayoza, 2023)
Pertunjukan Randai Pandeka Tengkak dalam kegiatan Goes To Batusangkar Week di Taman Kota Lapangan Cindua Mato(Dokumentasi; Dede Pramayoza, 2023)

Upaya pencerdasan di tengah keluarga dikendalikan oleh berbagai kebuntuan bentuk media informasi yang dikonsumsi. Dan celakanya, berbagai tontonan tersebut merupakan narkoba yang secara perlahan namun pasti dapat memutus kualitas hidup dan pengalaman keindahan generasi bangsa ini, namun secara perlahan juga, kesenian akhirnya juga menemukan caranya yang terus beradaptasi dan hidup kembali untuk mencipta kesadaran komunal dan pengalaman-pengalaman keindahannya bagi masyarakat.

Malam itu, Sabtu 10 Juni 2023, membaca pertunjukan demi pertunjukan yang ditampilkan pada ruang public seperti Lapangan Cindua Mato ini membenturkan kembali ingatan-ingatan terhadap berbagai ruang public yang pernah saya temui di berbagai kota di Indonesia.

Dan hadirnya kembali berbagai ekspresi kesenian terutama seni teater pada kegiatan tersebut membuktikan bahwa dengan magnetnya pula teater dapat mencari cara untuk memanusiakan manusia melalui pengalaman keindahan, sebuah kerja pembangunan kebudayaan yang merupakan investasi berkelanjutan.

Pengalaman keindahan tersebut secara privat sangat luas dalam dimensi keindahannya tersebut.Dan, teater dengan upayanya pada malam tersebut memberikan pengalaman keindahan yang turut memberikan kehidupan masyarakat di Taman Kota Cindua Mato menjadi lebih hidup.

Menikmati hidup, datanglah ke Taman Kota Lapangan Cindua Mato, Menikmati pengalaman Keindahan datanglah dalam peristiwa HMJ Goes To berikutnya, salam.

Ditulis oleh: Saaduddin, Pengajar pada Jurusan Seni Teater Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini