Lebaran 2023 di Tanah Datar, Kunjungi 14 Tempat Wisata dan Kuliner Berikut

×

Lebaran 2023 di Tanah Datar, Kunjungi 14 Tempat Wisata dan Kuliner Berikut

Bagikan berita
Ilustrasi Wisata Lebaran Idul Fitri 2023 (Ilustrator: Ryan Ramadi/Halonusa)
Ilustrasi Wisata Lebaran Idul Fitri 2023 (Ilustrator: Ryan Ramadi/Halonusa)

Menurut sejarah merupakan bekas tusukan keris Datuak Parpatiah Nan Sabatang, Batu Batikan merupakan bukti adanya Kerajaan Minangkabau di zaman Neolitikum yang melambangkan pentingnya musyawarah dan perdamaian di Minangkabau.

3. Benteng Van Der Capellen

Mengunjungi bekas peninggalan Belanda ini, akan memmbuatmu mengetahui sejarah panjang Benteng Van Der Carpellen yang tidak lepas dari perang antar kaum agama dan adat pada tahun 1821, perang Padri.

Belanda membangun benteng ini tahun 1822 untuk membantu kaum adat dengan syarat kepala penghulu dan pemerintah kerajaan Pagaruyung diserahkan ke Belanda. Nama Van Der Capellen sendiri, berasal dari nama Gubernur Jendral Belanda saat itu.

4. Desa Pariangan

Desa paling indah di Dunia ini, berada di Nagari Pariangan dan menjadi desa kuno bekas sistem pemerintahan khas Minangkabau. Dindingnya terukir kayu dan anyaman rotan. Penilaian warisan leluhur dan budaya pun, berhasil didapatkan karena keasrian yang dimiliki desa Pariangan.

5. Rumah Gadang Kampai Nan Panjang

Rumah Gadang Kampai Nan Panjang memiliki gaya arsitektur khas Minang dengan bagian luar menggunakan kayu berwarna hitam, atap bangunan bergonjong empat dari ijuk dan tidak mengalami perubahan konstruksi.

Unikntya, seluruh pembangunan Cagar Budaya tersebut tanpa paku. Semuanya menggunakan sistem ikat dan pasak, struktur yang membuat bangunan kokoh dan tahan gempa. Lokasi: Belimbing, Kec. Rambatan, Kab. Tanah Datar.

6. Tabek Patah

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini