Ceramah Ramadhan 2023: Belajar Sabar, Santun, Ikhlas, Jujur dan Dermawan

×

Ceramah Ramadhan 2023: Belajar Sabar, Santun, Ikhlas, Jujur dan Dermawan

Bagikan berita
Ceramah Ramadhan 2023 (Ilustrator Yurico Andani)
Ceramah Ramadhan 2023 (Ilustrator Yurico Andani)

Tidak ada seorang pun memberikan suatu nikmat padanya yang harus dibalasnya, melainkan (dia memberikan itu semata-mata) karena mencari keridhaan Tuhannya Yang Mahatinggi. Dan sungguh kelak dia akan mendapat kesenangan (yang sempurna).” QS. Al-Lail: 18-21

Jujur

Jujur adalah salah satu prinsip dasar dalam Islam. Sebagai muslim, kita harus selalu jujur dalam segala hal, baik dalam ucapan maupun perbuatan. Dengan jujur, kita dapat membangun kepercayaan dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar (Q.S Al Ahzab: 70)

“Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan bersamalah kamu dengan orang-orang yang benar (jujur).” (QS. At-Taubah: 119)

“Apabila kamu berbicara, bicaralah sejujurnya, sekalipun dia kerabat(mu),” (QS. Al-An’am: 152)

Dermawan

Dermawan adalah sikap yang harus kita miliki dalam memberikan bantuan atau sumbangan kepada orang yang membutuhkan. Sebagai muslim, kita harus selalu membantu orang lain dan memberikan sedekah dengan ikhlas dan tulus hati.

“Dan mereka memberikan makanan yang mereka suka kepada fakir miskin, anak yatim, dan tawanan. (QS. Al-Insan: 8-9)

Dan harta baik apapun yang kamu keluarkan, pasti kamu akan mendapat pahala yang penuh, sedangkan kamu tidak akan dizalimi (dirugikan) sedikitpun.” (QS. Al-Baqarah: 272).

Itulah tips Belajar Sabar, Santun, Ikhlas, Jujur dan Dermawan yang merupakan bagian dari akhlak untuk dimiliki umat Islam agar semakin menambah keimanan karena menjadi bagian penting dalam ibadah pada artikel ini. Semoga bermanfaat. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini