Ceramah Ramadhan 2023: Belajar Sabar, Santun, Ikhlas, Jujur dan Dermawan

×

Ceramah Ramadhan 2023: Belajar Sabar, Santun, Ikhlas, Jujur dan Dermawan

Bagikan berita
Ceramah Ramadhan 2023 (Ilustrator Yurico Andani)
Ceramah Ramadhan 2023 (Ilustrator Yurico Andani)

"Maka bersabarlah engkau (Muhammad), sungguh, janji Allah itu benar." Tidak hanya itu, beberapa ayat alquran lain dengan makna bahwa orang yang sabar akan memperoleh kekuatan dan martabat tinggi dihadapan Allah SWT.

Orang sabar juga menjadi salah satu umat bertaqwa dan akan mendapatkan pahala tanpa batas (Q.S Az Zumar: 10), sebagai perbuatan yang diutamakan maka orang sabar akan dibantu Malaikat. Bahkan, akan mendapat kabar gembira dari Allah SWT kelak (Q.S Al Baqarah: 155-156)

Santun

Santun adalah sikap yang harus kita tunjukkan kepada semua orang, terutama kepada orang tua, guru, dan orang yang lebih tua dari kita. Kita harus selalu berbicara dengan sopan dan menghormati orang lain.

Perintah memperbaiki akhlak untuk berlaku santun juga disampaikan dalam QS al-Baqarah: 83, " وَقُولُوا لِلنَّاسِ حُسْنًا yang artinya: “serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia”.

Senada dengan itu, hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim dalam kitab Ahmad: 16374, 24404 juga mengandung makna serupa yang artinya "Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaknya ia berkata baik atau diam."

Hadits ini lah yang mengawali sebuah pepatah, "Diam Itu Emas. Bicara Itu Perak," dan "Mulutmu Harimau Mu yang Akan Menerkammu Suatu Saat Nanti."

Ikhlas

Ikhlas adalah sikap yang harus kita miliki dalam beribadah. Kita harus melakukan segala sesuatu karena Allah SWT, bukan karena ingin dipuji atau mendapatkan keuntungan dunia. Dengan ikhlas, ibadah kita akan menjadi lebih bernilai di hadapan Allah SWT.

Berikut beberapa ayat dalam Alquran yang membahas bahwa kita harus memiliki sifat ikhlas:

Mengikhlaskan ibadah semata-mata hanya kepada-Nya (QS Al-A’raf: 29)

Maka sembahlah Allah dengan tulus ikhlas beragama hanya kepada-Nya (QS. Az-Zumar: 2-3 & QS. Al-A’raf: 29 serta QS. Ghafir: 14 & 65)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini