Rendang Minangkabau vs Rendang Malaysia, Apa Bedanya?

×

Rendang Minangkabau vs Rendang Malaysia, Apa Bedanya?

Bagikan berita
Rendang di Restoran Selamat, Kota Padang. (Foto: Youtube Herlina Basri)
Rendang di Restoran Selamat, Kota Padang. (Foto: Youtube Herlina Basri)

Sebagian bisa ikut dihaluskan bersama bahan bumbu halus lainnya. Sisanya dimasukkan langsung atau ikut dimasak dalam keadaan utuh. Lalu, campurkan bumbu halus dan rempah bersama santan.

Masak hingga mengeluarkan minyak, kemudian masukkan daging hingga empuk dan sesekali aduk. Sesuaikan pemasakan dengan tingkat kekeringan Rendang.

Resep Rendang Malaysia

Bahan-bahannya berupa 1 kg daging sapi has dalam, 1/2 kg kentang kecil, 1/4 kg santan kental, 2 L santan encer, 10 siung bawang merah, 7 siung bawang putih dan 1 ons cabe kering serta 2 butir kemiri, 1 butir cengkeh hingga kapulaga dan bunga lawang.

Selanjutnya ada 1 sdm ketumbar, 2 batang kunyit (sebesar telunjuk), 2 potong asam kandis, 2 ruas jahe, 2 ruas lengkuas di geprek dan 1 batang serai di geprek serta 4 lembar daun salam hingga 2 lembar daun kunyit dan 4 lembar daun jeruk. Tambahkan juga garam, gula serta minyak dan kepala parut 3 ons.

Langkah pertama dengan membuat kerisik menggunakan sangrai kelapa parut, apinya kecil dan dimasak kurang lebih 30 menit saja. Aduk terus jangan sampai gosong hingga mengering, lalu angkat dan dinginkan hingga minyaknya tersisih sendiri.

Selanjutnya, cuci bersih daging yang telah dipotong dengan ukuran sesuai selera. Haluskan semua bumbu halus dan masukkan dalam santan mendidih, diamkan sampai tercampur sempurna. Baru lah masukkan daging dan kecilkan api, aduk terus hingga santan mengental.

Tunggu sekitar 45 menit sampai santan menyusut, masukkan kerisik, garam dan gula secukupnya. Boleh juga bahan penyedap dan masak selama kurang lebih 2 jam, terakhir sajikan sesuai keinginan.

Manakah yang kamu suka? Rendang Malaysia atau Indonesia? (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini