Selain Rendang, 4 Kuliner Khas Minang Ini Juga Hanya Ada di Sumbar

×

Selain Rendang, 4 Kuliner Khas Minang Ini Juga Hanya Ada di Sumbar

Bagikan berita
Kenikmatan Karabu Baluik khas Minang (foto: Cookpad)|Nikmatnya kuliner khas Minang Singgang Ikan (foto: cookpad)|Kelezatan hidangan Sambalado Tanak (foto: Gurusiana)
Kenikmatan Karabu Baluik khas Minang (foto: Cookpad)|Nikmatnya kuliner khas Minang Singgang Ikan (foto: cookpad)|Kelezatan hidangan Sambalado Tanak (foto: Gurusiana)

Tahapan pembuatan dengan memasak santan sampai mengental, kemudian blender semua bahan (kecuali dedaunan dan bumbu penyedap. Masukan bumbu halus dan daun-daun sambil diaduk, dalam santan mendidih.

Campurkan bumbu penyedap secukupnya sambil sedikit mencicipi, kemudian tunggu hidangan sampai minyak nya menepi keatas. Terakhir, Sambalado Tanak siap dihidangkan.

2. Karabu Baluik

[caption id="attachment_50586" align="aligncenter" width="604"]Kenikmatan Karabu Baluik khas Minang (foto: Cookpad) Kenikmatan Karabu Baluik khas Minang (foto: Cookpad)[/caption]

Karabu Baluik merupakan belut bakar yang dicampur dengan sambal balado, meski pembuatannya sulit karena agar enak mesti dibakar dengan kayu arang.

Bahannya yaitu 1 ekor Belut segar ukuran agak besar, 30 butir Cabe merah, 10 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, 2 buah tomat besar atau 8 buah belimbing wuluh ukurang menengah dan 1/2 buah jeruk nipis serta Garam.

Pembuatannya dimulai dengan membakar belut menggunakan jepitan besi sampai matang sempurna, selanjutnya siapkan hidangan cabai bersama bawang merah, tomat atau belimbing wuluh dengan merebusnya dalam air. Tutup dengan panci.

Bolak-balik hidangan belut sampai merata, kemudian pisahkan suwir daging dari tulang agar masak merata. Setelah air rebusan cabe matang, keringkan dan ulek bumbu tersebut.

Setelah cabai direbus, campurkan suwiran daging belut ke dalam cabai, dan gunakan sedikit tenaga agar rasa pedas asam cabai lebih meresap ke dalam daging belut. Piring dan carabou belut siap dihidangkan.

Anda juga bisa menggunakan tulang dan kepala belut dari sebelumnya, ketika kami mencampur daging belut sebelumnya, kami meninggalkan sedikit saus sambal untuk mencampur tulang belut. Hancurkan tulang dan kepala belut hingga halus dan campur dengan paprika yang kita tinggalkan di lesung tadi. Pindahkan ke mangkuk dan sajikan.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini