Crazy Rich asal Surabaya Wahyu Kenzo Ditangkap Polisi, Untung Rp9 Triliun dari Robot Trading

×

Crazy Rich asal Surabaya Wahyu Kenzo Ditangkap Polisi, Untung Rp9 Triliun dari Robot Trading

Bagikan berita
Wahyu Kenzo. (Foto: Instagram Wahyu Kenzo)
Wahyu Kenzo. (Foto: Instagram Wahyu Kenzo)

HALONUSA.COM - Satreskrim Polresta Malang Kota menangkap Dinar Wahyu Saptian Dyfrig alias Wahyu Kenzo, seorang crazy rich asal Surabaya, di sebuah hotel di kawasan Surabaya pada Sabtu 4 Maret 2023.

Wahyu Kenzo diduga melakukan penipuan bisnis robot trading Auto Trade Gold (ATG) miliknya dan berhasil menghasilkan keuntungan sebesar Rp 9 triliun.

Menurut Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto, berdasarkan hasil penyelidikan sementara, korban penipuan Wahyu Kenzo tersebar di beberapa negara seperti Amerika, Rusia, Prancis, Tiongkok, Inggris, Uni Emirat Arab, dan Singapura.

"Hasil sementara ini diperkirakan total kerugian korban mencapai Rp 9 triliun," kata Irjen Toni dalam keterangan tertulis, Rabu 8 Maret 2023.

Polisi tidak hanya menangkap Wahyu Kenzo, mereka juga sedang menelusuri aset yang dimilikinya.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto mengungkapkan bahwa aset Wahyu diduga tersebar di beberapa negara karena ia sering bepergian ke luar negeri.

Untuk itu, kepolisian bekerja sama dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk melakukan penelusuran terhadap aset milik Wahyu.

"Aset di luar negeri ini masih kita dalami. Kita bekerja sama dengan PPATK. Kami juga sudah mengirim surat melalui Ditreskrimsus kepada PPATK, dan kami sudah berkoordinasi untuk tracing aset-aset yang bersangkutan," kata Kombes Budi Hermanto. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini