Asal-usul Nama Daerah Pauh di Kota Padang Ini Unik, Artinya Buah-buahan?

×

Asal-usul Nama Daerah Pauh di Kota Padang Ini Unik, Artinya Buah-buahan?

Bagikan berita
Kantor Camat Pauh|Ilustrasi Buah Mangga (foto: kampustani)
Kantor Camat Pauh|Ilustrasi Buah Mangga (foto: kampustani)

  • Tegal/kebun seluas 488 Hektar
  • Pekarangan seluas 224 Hektar
  • Ladang/huma seluas 219 Hektar
  • Letak Pauh yang bernuansa rindang, menjadikannya cocok jadi tempat belajar yang nyaman karena Universitas Andalas dan Politeknik Negeri Padang berada di sana.

    Tidak hanya itu, SMA Negeri 9 Padang dan SMA Negeri 15 Padang hingg SMK-SMAK Padang juga masuk dalam kawasan ini. Ada daftar 7 SMP dan total 25 SD lainnya, menurut Pusat Data Dan Statistik Pendidikan - Kebudayaan (PDSP-K) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

    Asal-usul Kecamatan Pauh

    Melansir situs nagaripauahpasamandotcom, wilayah Pauh banyak ditumbuhi pohon Mangga yang besar dan rimbun. Itu lah alasan nenek moyang terdahulu, memberi nama demikian.

    Nenek moyang tersebut, diketahui tinggal di kampuang tuo yang bernama Balai Durian dan berada di sisi Barat. Mereka membagi beberapa tokoh yang dituakan adat salingka nagari.

    Keadaan rindang dan hawa sejuknya, menjadi alasan keberadaan Kecamatan Pauh di dataran tinggi di antara bukit Godang dan bukit Kociak. Dimana, kondisi hutannya masih terjaga hingga sekarang.

    Untuk diketahui, pada pemetaan lokasi di masa lalu, posisinya dekat dengan Nagari Jambak. Tapi terpisah oleh persawahan, ladang dan sungai Sumpur (batang aie Sumpu).

    Kini, Pauh memiliki 3 Jorong yaitu Kejorongan Tanjuang Alai, Kejorongan Taluak Ambun , Kejorongan Pauah.

    Itulah asal-usul Kecamatan Pauh di Kota Padang, Sumbar yang penamaan diambil dari kata Pauah atau Buah Mangga oleh nenek moyang jaman dahulu. Semoga bermanfaat. (*)

    Editor : Redaksi
    Tag:
    Bagikan

    Berita Terkait
    Terkini