Asal-usul Nama Daerah Pauh di Kota Padang Ini Unik, Artinya Buah-buahan?

×

Asal-usul Nama Daerah Pauh di Kota Padang Ini Unik, Artinya Buah-buahan?

Bagikan berita
Kantor Camat Pauh|Ilustrasi Buah Mangga (foto: kampustani)
Kantor Camat Pauh|Ilustrasi Buah Mangga (foto: kampustani)

HALONUSA.COM - Pauh adalah salah satu kecamatan dan berada dalam kawasan Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) yang memiliki asal-usul unik.

Penamaan daerah tersebut, menurut keterangan nenek moyang dulunya, diambil dari kata Pauah yang dalam Bahasa Indonesia, artinya Buah Mangga.

Namanya cukup unik bukan? apakah Kecamatan Pauh dulunya memiliki banyak pohon Mangga yang buahnya manis harum dan berwarna kekuningan itu ya?

Pada artikel ini, Halonusa.com akan mengulas asal-usul Kecamatan Pauh di Kota Padang, Sumbar yang memiliki arti Buah Mangga. Baca sampai selesai ya.

Sebelum itu, simak dulu letak geografis wilayah tersebut yang dilansir dari berbagai sumber seperti BPS (Badan Pusat Statistik) dan situs resmi Kota Padang.

Geografis Kecamatan Pauh

Kecamatan Pauh secara geografis, masuk dalam wilayah Kabupaten Padang Pariaman. Namun pada 21 Maret 1980, ditetapkan sebagai wilayah administrasi kota Padang berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 17 tahun 1980.

Pauh terletak di Pasar Baru dan hanya berjarak 6 km dari pusat Kota Padang. Kecamatan tersebut, punya wilayah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Solok.

Menurut situs resmi Kota Padang, 82% wilayahnya adalah hutan lindung. Sementara, lahan lain terbagi menjadi area cocok tanam sesuai pendataan di bawah ini.

Bagikan

Berita Terkait
Terkini