Asal-usul Nama Daerah Puruih di Kota Padang, Ternyata Penamaannya karena Ombak

×

Asal-usul Nama Daerah Puruih di Kota Padang, Ternyata Penamaannya karena Ombak

Bagikan berita
Ilustrasi Ombak yang menggulung dan berlipat (foto: wallpaperbetter)
Ilustrasi Ombak yang menggulung dan berlipat (foto: wallpaperbetter)

HALONUSA.COM - Siapa yang tidak kenal dengan daerah yang bakalan Halonusa.com bahas kali ini, mungkin  kamu yang berdomisili di Padang sudah hafal betul daerah ini.

Daerah ini akan akrab ditelinga kawula muda Kota Padang, sebab lalu-lalang dalam beraktifitas entah itu kerja atau bahkan pergi bersantai daerah ini akan selalu menjadi daerah yang selalu dilewati.

Lokasi yang cukup strategis, membuat daerah ini selalu ramai dikunjungi, dikunjungi bukan sebagai destinasi wisata ya teman-teman, tetapi hanya lewat saja.

Untuk nama daerahnya ialah Puruih, Puruih adalah suatu daerah yang terletak di Kecataman Padang Barat, Kota Padang.

Dalam penceritaan asal-usulnya, penamaan Puruih berasal dari bahasa Nias yang artinya melipat dan keberadaannya didasarkan karena kehadiran ombak.

Kenapa penamaan suatu daerah di Kota Padang mengambil sumber dari Bahasa Nias? Padahal jarak Kota Padang dari Kabupaten Nias di Sumatera Utara cukup jauh.

Salah satu suku yang cukup dituakan di Indonesia itu, merupakan suatu wilayah Kepulauan seluas 5.625 km² yang berpenduduk lebih dari 1.000.000 jiwa.

Berikut Halonusa.com rangkum asal-usul nama daerah Puruih dari Bahasa Nias yang keberadaannya didasarkan karena ombak dan memiliki arti melipat di Kecamatan Padang Barat.

Asal Usul Nama Daerah Puruih di Kota Padang

Orang Nias pada masa itu, menyebut kata Puruih dengan sebutan ‘furui’ atau ‘vurui’ yang artinya melipat atau menggulung karena mereka tidak bisa mengatakan huruf 'p'.

Kemungkinan pada jaman dahulu, Nias adalah suku pertama yang menghuni Kota Padang dan telah cukup lama bermukim, berdasarkan keterangan dari dosen sejarah Universitas Andalas (Unand) Anatona Gulo.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini