Mengenal NII, Kelompok Teroris yang Punya 1.125 Anggota di Sumbar

×

Mengenal NII, Kelompok Teroris yang Punya 1.125 Anggota di Sumbar

Bagikan berita
Pendiri Negara Islam Indonesia (NII), Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo. (Foto: Dok. Istimewa)
Pendiri Negara Islam Indonesia (NII), Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo. (Foto: Dok. Istimewa)

"Perekrutan anggota NII dilakukan tanpa memandang jenis kelamin dan batas usia," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Selasa (12/4/2022).

"Hal ini terbukti dengan ditemukannya 77 orang anak di bawah umur 13 tahun yang dicuci otak dan dibaiat untuk sumpah kepada NII," sambungnya.

Selain itu, Ramadhan membeberkan ada 126 orang dewasa anggota NII yang diduga sudah direkrut sejak masih kecil. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) untuk mengetahui jaringan NII.

"Selain jumlah tersebut, tercatat ada 126 orang lain yang saat ini sudah dewasa, namun pernah juga direkrut saat usia masih belasan tahun. Terkait hal ini telah berkoordinasi dengan KPAI untuk mengembangkan jaringan NII ini," imbuh Ramadhan.

Baca juga:

Lebih lanjut, Ramadhan mengatakan jaringan NII sudah tersebar luas di Indonesia. Sebab, anggota NII ini tidak hanya ada di Sumbar, tapi juga di DKI Jakarta, Jawa Barat, Bali, hingga Maluku.

“Jaringan NII sudah masif di Indonesia. Antara lain Jakarta, Tangerang, Jawa Barat, Bali, Sulawesi, Maluku,” kata Ramadhan.

Hingga saat ini ada 16 tersangka teroris jaringan NII yang ditangkap di Sumbar. Densus 88 turut mengamankan sejumlah barang bukti dari penangkapan tersebut.

Pengawasan Masyarakat

Disebut banyak teroris di Tanah Datar, Bupati Eka Putra mengeklaim akan berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Kepolisian untuk menindaklanjuti adanya pemberitaan yang menyebutkan ada ratusan orang anggota jaringan terorisme NII di wilayah yang dipimpinnya.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini