Tanda-tanda dan Cara Mengurangi Kecanduan HP

×

Tanda-tanda dan Cara Mengurangi Kecanduan HP

Bagikan berita
Ilustrasi kecanduan gadget. (Foto: Dok. iStock)
Ilustrasi kecanduan gadget. (Foto: Dok. iStock)

Perlu diingat bahwa menghabiskan waktu yang lama di depan layar laptop, tablet, atau smartphone dari waktu ke waktu dapat mengakibatkan efek yang besar bagi diri sendiri, terutama bagi remaja. Remaja yang kecanduan gadget seringkali mengalami pola makan tidak teratur, kepala sering pusing, hingga gangguan tidur.

Cara Mengurangi Kecanduan Gadget

Berikut cara mengurangi kecanduan gadget yang perlu kamu ketahui dan terapkan seperti dilansir dari IDN Times:

1. Perbanyak sosialisasi dengan teman

Kamu bisa mengatur waktu liburmu dengan bermain bersama teman-teman. Jangan selalu mengurung diri di rumah. Itu akan membuat kamu bosan dan berakhir dengan bermain gadegt lagi. Membuat rencana kegiatan juga bisa mebuat kamu lebih bersemangat lagi untuk melakukan aktivitas besok harinya.

2. Matikan gadget sebelum tidur

Mematikan HP 30-60 menit sebelum tidur adalah cara selanjutnya yang bisa mengurangi kecanduan gadget. Ini akan terasa sulit di awal, tapi akan terbiasa jika rutin dilakukan. Hal ini akan membuat waktu tidur kamu jadi lebih cepat dan paginya tubuh kamu akan lebih segar.

3. Mengetahui dampak dari kecanduan gadget

Cara lain yang dapat mengurangi kecanduan gadget adalah mengetahui dampaknya. Banyak dampak yang dapat kita ketahui dari kecanduan gadget ini mulai dari mata perih, sering mengalami sakit kepala, nyeri di bagian leher, tangan kram saat bermain gadget sambil tiduran dan masih banyak lagi. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini